Michael Essien, dari Singa Furiani ke Maung Bandung

By Septian Tambunan - Selasa, 14 Maret 2017 | 14:15 WIB
Manajemen Persib Bandung memperkenalkan mantan pemain Chelsea, Michael Essien, ‎kepada wartawan sebelum perayaan ulang tahun Persib ke-84 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (14/3/2017).
FIFI NOFITA/JUARA.NET
Manajemen Persib Bandung memperkenalkan mantan pemain Chelsea, Michael Essien, ‎kepada wartawan sebelum perayaan ulang tahun Persib ke-84 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (14/3/2017).

Michael Essien (34) resmi menjadi bagian dari keluarga besar Persib Bandung. Lalu, siapa sebenarnya pemain dengan julukan Si Bison itu?

Michael Essien memulai karier profesional di dunia sepak bola dengan bergabung bersama klub Prancis, Bastia, pada 30 Agustus 2000.

Di klub beralias Singa dari Furiani tersebut, Essien mampu mencetak 12 gol dari 69 penampilan.

Penampilan impresif Essien membuat tim raksasa Kota Mode, Olympique Lyon, rela mengucurkan dana sebesar 11,7 juta euro (sekitar Rp 166,5 miliar) untuk merekrutnya pada 1 Juli 2003.

Melakoni debut di Lyon dalam pertandingan Piala Super Prancis kontra AJ Auxerre pada 26 Juli 2003, Essien hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mengukir gol perdana!

Dia pun sukses mencicipi gelar pertama sebagai pemain karena Les Gones menyudahi laga dengan kemenangan 2-1.

Memainkan peran sebagai gelandang box-to-box, Essien mampu mengemas tiga gol dalam 34 pertandingan di Ligue 1, sekaligus membantu Lyon menyabet titel ketiga secara beruntun di liga domestik!

Pada musim 2004-2005, kontribusi Essien semakin besar.

Catatan menit bermainnya di Ligue 1 meningkat dari 2.339 menjadi 3.200 menit yang berbuah empat gol dan trofi keempat berturut-turut bagi Lyon di liga!

Essien pun dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Ligue 1 2005!


Manajer Persib, Umuh Muhtar, dan pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, berpose bersama rekrutan anyar Persib Bandung, Michael Essien, di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (14/3/2017).(FIFI NOFITA/JUARA.NET)

Pesepak bola kelahiran Accra, Ghana, ini juga membukukan lima gol dalam 10 penampilan di Liga Champions yang membikin Lyon sanggup melaju hingga perempat final.

Namun, mereka harus tersingkir di babak tersebut dari PSV Eindhoven karena kalah adu penalti 2-4 di Stadion Philips dan Essien menjadi salah satu eksekutor gagal.

Beragam catatan mentereng ini membawa Essien ke pelabuhan selanjutnya, Chelsea.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.