Talent Scouting Sumut U-19 Tidak Paksakan Penuhi Kuota 15 Pemain

By Senin, 13 Februari 2017 | 23:01 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri (tengah) saat memantau pemain di Atambua NTT yang nantinya diseleksi untuk Timnas U-19. Inset: salah satu anggota tim talent scouting Asprov PSSI Sumut, Safei Phlly, saat berbicara kepada JUARA.
@PSSI-FAI/TWITTER, ABDI PANJAITAN/JUARA.NET
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri (tengah) saat memantau pemain di Atambua NTT yang nantinya diseleksi untuk Timnas U-19. Inset: salah satu anggota tim talent scouting Asprov PSSI Sumut, Safei Phlly, saat berbicara kepada JUARA.

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Utara (Sumut) tak mau main-main saat menyeleksi pemain yang bakal diambil untuk timnas U-19. Mereka pun tak ingin asal melakukan seleksi dan tak mematok memenuhi kuota 15 pemain untuk dikirim ke PSSI. 

Tim talent scouting dari Asprov PSSI Sumut terdiri dari Suharto AD, Ansyari Lubis, Safei Phlly, dan Waluyo. Mereka memantau pemain berbakat di lapangan sepak bola PPLP Sumut, Sunggal, Medan, selama dua hari pada Senin dan Selasa (13-14 Februari 2017).

"Sudah pasti yang akan kami lihat itu harus secara detail. Di usia sekarang ini, para pemain muda itu dilihat kemampuan teknik, skill, mental, dan, visi bermainnya," ujar Safei Phlly, salah satu anggota talent scouting Asprov PSSI Sumut.

Dalam proses penjaringan ini, Safei Phlly harus bertindak adil. Pria yang juga bertindak sebagai penanggung jawab pelatih sepak bola di PPLP Sumut ini, juga harus melihat kemampuan pemain dari daerah.

Baca juga:

"Kalau melihat secara umum, kualitas sepak bola Sumut otomatis didominasi Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Langkat," tutur Safei.

"Tetapi, kami para talent scoting tentunya tak mau tutup mata dengan bakat dari daerah. Pasti ada yang berbakat dan kami harus lihat itu," tuturnya.

Selama seleksi yang berjalan dua hari itu, mereka akan melihat kualitas passing, dribling, dan kontrol.

"Kapan si pemain melakukan dribling, lalu kapan passing. Kami akan nilai itu," kata Safei Phlly.

Nantinya ke-15 pemain Sumut ini bersaing dengan provinsi lain. Safei Phlly akan bertindak tegas dalam pemilihan pemain. Dia berprinsip tak harus memenuhi kuota yang diberikan.


Editor : Estu Santoso
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.