Regulasi Pembatasan Umur di Divisi Utama, Pemain Pun Bimbang

By Segaf Abdullah - Senin, 9 Januari 2017 | 22:15 WIB
Ketua Umum dan Sekjen PSSI, Edy Rahmayadi dan Ade Wellington, memimpin jalannya Kongres Tahunan di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu (8/1/2017).
FERRIL DENNYS/JUARA.NET
Ketua Umum dan Sekjen PSSI, Edy Rahmayadi dan Ade Wellington, memimpin jalannya Kongres Tahunan di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu (8/1/2017).

Regulasi pembatasan pemain dengan ukuran di Divisi Utama Liga Indonesia musim 2017 sudah memicu kontroversi. Peraturan PSSI yang menyebutkan per klub hanya boleh mengontrak lima pemain berusia di atas 25 tahun menjadi sebab banyak pemain gundah.

Regulasi tersebut merupakan hasil keputusan bersama antara PSSI dan dan peserta Divisi Utama (DU) yang total berjumlah 61 klub.

Adapun kesepakatan tersebut diketok palu pada pertemuan PSSI dan perwakilan klub-klub DU selepas Kongres Tahunan PSSI 2017 di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu (8/1/2017) siang WIB.

Keluhan pertama muncul dari gelandang PSIS Semarang musim 2016, Feri Ariawan. Pemain berusia 30 tahun itu keberatan dengan regulasi anyar PSSI tersebut.

"Tetapi, buat pemain-pemain yang sudah melewati batas 25 tahun kasihan."

Striker Persija Musim 2016, Rachmat Afandi

"Divisi Utama adalah liga profesional bukan amatir. Masa dibatasi umur! Apalagi tidak sedikit pemain yang berusia di atas 25 tahun," ucap Feri saat dihubungi JUARA, Senin (9/1/2017).

"Sebagai pemain yang berusia di atas 25 tahun, saya tentu merasa keberatan. Mudah-mudahan saja PSSI memikirkan ulang soal peraturan itu," tuturnya.

Feri mengungkapkan, dia justru baru mengetahui menyoal peraturan tersebut dari media. Sebelumnya, sama sekali sang pemain belum diberitahukan pihak klub.

"Ya, semoga ada solusi terbaik dari PSSI. Soalnya, usia emas pesepak bola itu kan 25-29 tahun begitu pun di Indonesia," kata Feri.

Baca juga:

Sementara itu, eks penyerang Persija Jakarta, Rachmat Afandi (32), buka suara tentang dampak yang akan terjadi dengan regulasi tersebut. Menurut pemain depan ini, peraturan baru itu memiliki efek positif dan negatif.


Editor : Estu Santoso
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.