Profil LSI 2015: Persipura

By Tulus Muliawan - Minggu, 1 Februari 2015 | 00:00 WIB

Tradisi Persipura yang tak terlalu aktif di bursa transfer berlanjut menjelang Liga Super Indonesia 2015. Selain itu, kegagalan di laga puncak musim lalu bakal menjadi bahan pelajaran paling tepat demi menyongsong musim baru.

Musim lalu, Persipura memulai masa transisi. Kepergian pelatih Jacksen F. Tiago di pengujung musim sempat mengguncang internal tim.

Posisi Jacksen digantikan dua asistennya, Osvaldo Lessa dan Mettu Dwaramuri. Meski akhirnya mencapai final, gelar juara gagal diraih usai takluk dari Persib.

Saat tim-tim lain mulai memulai persiapan menjelang LSI 2015, langkah Persipura agak terlambat. Mereka justru lebih dulu merilis skuat lengkap untuk LSI 2015 pada awal Januari.

Mirip dengan musim-musim sebelumnya, manajemen hanya menambah beberapa pemain baru, seperti striker asing Lancine Kone (eks Sriwijaya) dan Zulham Zamrun (eks Mitra Kukar).

Osvaldo, yang akhirnya diangkat menjadi pelatih kepala, mengaku bahwa skuat yang dirilis tersebut sudah final.

“Ya, skuat sudah lengkap. Tidak akan ada penambahan pemain baru. Kalau sudah lengkap seperti ini, buat apa lagi cari pemain. Saya pribadi siap dengan skuat yang ada saat ini,” ujar Osvaldo.

Kurang dari sepekan kemudian, barulah tim memasuki masa pramusim di kawasan Batu, Malang. Mepetnya masa persiapan tersebut berdampak pada penampilan skuat Mutiara Hitam yang kurang maksimal di turnamen pramusim, Piala SCM.

Meski demikian, manajemen tetap mematok target juara. Manajer tim, Rudi Maswi, menyebutkan bahwa faktor keberhasilan mencapai babak semifinal Piala AFC 2014 merupakan bukti bahwa timnya mampu melewati beragam rintangan, termasuk di kancah Asia.

“Untuk LSI musim depan targetnya juara, pasti! Memang, biasanya selalu ada hambatan yang tidak kita perkirakan sebelumnya. Namun, tim ini punya mental juara dan hal itu sudah kami buktikan di beberapa musim terakhir,” ujar Rudi.

DATA KLUB

Berdiri: 1965
Ketua  : Benhur Tommy Mano
Manajer: Rudi Maswi
Sekretaris: Thamrin Sagala
Julukan: Mutiara Hitam
Stadion: Mandala, Jayapura (30.000 penonton)
Suporter: Persipura Mania
Pelatih: Osvaldo Lessa
Asisten: Chris Yarangga, Metu Dwaramuri

PRESTASI
Juara Perserikatan 1979/80
Liga Indonesia 2005, 2008/09, 2010/11, 2012/13

SKUAT

Kiper:
Ferdiansyah, Dede Sulaiman, Selsius Gebza, Eunike 
Pahabol

Bek:
Dominggus Fakdawer, Ricardo Salampessy,
Fandry Imbiri, Bio Paulin, Aldi Rinaldi,
Roni Beroperay, Daniel Tata, Ruben Sanadi,
Yohanis Tjoe, Andri Ibo

Gelandang:
Izaac Wanggai, Robertino Pugliara (Brasil),
Lim Joon-sik (Korea Selatan), Jaelani Aray,
Imanuel Wanggai, Ian Kabes, Gerald Pangkali,
M. Tahir, Yustinus Pae, Zulham Zamrun,
Nelsom Alom

Penyerang:
Ricky Kayame, Boaz Solossa, Lukas Mandowen,
Ferinando Pahabol, Christopher Sibi, Fredy Isir,
Lancine Kone (Pantai Gading)


Editor : Bolanews
Sumber : Harian BOLA (Martinus Raya Bangun)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.