Jorge Sampaoli, Pelatih Ke-8 Timnas Argentina dalam 13 Tahun

By Kamis, 8 Juni 2017 | 13:45 WIB
Jorge Sampaoli saat diperkenalkan sebagai pelatih timnas Argentina dalam jumpa pers di Ezeiza, Buenos Aires, 1 Juni 2017.
JUAN MABROMATA / AFP
Jorge Sampaoli saat diperkenalkan sebagai pelatih timnas Argentina dalam jumpa pers di Ezeiza, Buenos Aires, 1 Juni 2017.

Jorge Sampaoli dikontrak selama lima tahun untuk membesut tim nasional Argentina. Jika mampu bertahan sampai 2022, Sampaoli akan menjadi pelatih terlama La Albiceleste (Tim Putih dan Biru Langit) sejak 2004. 

Penulis: Riemantono Harsojo

Setelah Marcelo Bielsa berkuasa selama enam tahun, dari 1998 sampai 2004, pelatih yang paling lama menangani La Seleccion atau tim nasional adalah Alejandro Sabella.

Dia memegang tim nasional Argentina selama tiga tahun, dari 2011 sampai 2014. Sejak berakhirnya era Bielsa pada 2004, Persatuan Sepak Bola Argentina (AFA) telah menunjuk delapan pelatih termasuk Sampaoli.

Jumlah tersebut tergolong banyak. Sebagai perbandingan, Brasil memiliki enam nama pelatih sejak tahun 2002 sampai sekarang.

Uruguay hanya menunjuk tiga nama sejak tahun 2004 dengan Oscar Tabarez berkuasa sejak 2006 sampai sekarang. Prestasi menjadi alasan kenapa Argentina sering mengganti pelatih.

Pernah dua kali juara Piala Dunia, tuntutan untuk selalu menjadi yang terbaik begitu besar di sana. Bahkan, kalah di final Piala Dunia pun dinilai sebagai sebuah kegagalan.

Sabella mundur setelah Lionel Messi cs kalah 0-1 dari Jerman di final Piala Dunia 2014.

Baca Juga:

Gerardo Martino juga mundur setelah La Albiceleste kalah dari Cile di final Copa America Centenario 2016. Yang timnya kalah sebelum mencapai final juga tahu diri.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.