Rencana Sampaoli Membentuk Timnas Argentina di Sekitar Lionel Messi

By Kamis, 8 Juni 2017 | 14:25 WIB
Kapten Argentina, Lionel Messi (kiri), dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Cile di Buenos Aires, Argentina, 23 Maret 2017.
JUAN MABROMATA / AFP
Kapten Argentina, Lionel Messi (kiri), dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Cile di Buenos Aires, Argentina, 23 Maret 2017.

Jorge Sampaoli telah menerima pinangan untuk menangani timnas negara tempat kelahirannya, Argentina. Yang perlu digarisbawahi dari rencana Sampaoli adalah niatnya membentuk tim di sekitar pemain terbaik mereka, Lionel Messi.

Penulis: Christian Gunawan

Pengalaman setahun menangani Sevilla tampak cukup bagi pelatih berkepala plontos itu untuk semakin memahami bahwa resep kesuksesan Barcelona selama bertahun-tahun adalah dengan menjadikan Messi sebagai pusat permainan mereka.

Keinginan mengopi pakem Barcelona sebenarnya sudah lama dikedepankan sejumlah pelatih sebelum Sampaoli. Akan tetapi, realisasinya tak semudah pembuatan wacana.

Walau memiliki kemampuan mumpuni, sejumlah besar pemain Argentina selama ini sulit dan mungkin pula tak berminat memainkan peran seperti pilar-pilar Barca.

Dengan keahlian taktisnya, Sampaoli berkesempatan untuk sungguh menjadikan kapten Albiceleste ini memiliki pengaruh seperti di Barcelona dengan permainan yang sekurangnya mendekati klub Catalan itu.

Seiring ambisi tersebut, Sampaoli mesti mencari pemain yang pas untuk proyek itu.

Entah keberuntungan atau sebaliknya, pelatih kelahiran Casilda, Santa Fe, Argentina, itu mewarisi pasukan dari pendahulunya, Edgardo Bauza.

Situasi warisan juga mesti dihadapi Sampaoli. Argentina yang hanya membawa Tim Tango bagus di awal kedatangannya.

Kini Albiceleste hanya berada di peringkat kelima Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Tim di posisi itu masih berpeluang lolos, tapi harus melakoni play-off dengan jawara zona Oseania.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.774


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X