Pilihan 2R untuk Pengganti Xabi Alonso di FC Bayern

By Kamis, 18 Mei 2017 | 21:50 WIB
Sebastian Rudy (kiri) dan Renato Sanches, disebut-sebut kandidat pengisi posisi sepeninggal Xabi Alonso di Bayern Muenchen.
GETTY IMAGES
Sebastian Rudy (kiri) dan Renato Sanches, disebut-sebut kandidat pengisi posisi sepeninggal Xabi Alonso di Bayern Muenchen.

Xabi Alonso telah memutuskan gantung sepatu per akhir musim. Mengingat peran Xabi yang masih besar musim ini, Bayern Muenchen mesti mencari pengganti yang sepadan. Renato Sanches yang sudah semusim di Allianz Arena, atau Sebastian Rudy yang telah mengangkat Hoffenheim?

Penulis: Christian Gunawan

Xabi akan menghasilkan kehilangan bagi lini tengah Bayern. Pemain berusia 35 tahun ini secara apik melakoni peran gelandang bertahan dan juga berfungsi sebagai pengatur serangan.

Akurasi operannya sebesar 89,1 persen (berada di 10 besar Bundesliga) yang perlu dicari Bayern dalam pengganti Xabi.


Ekspresi gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso, saat melawan Juventus pada perempat final kedua Liga Champions di Stadion Allianz Arena, 16 Maret 2016.(CHRISTOF STACHE/AFP)

Dari internal Bayern, pelatih Carlo Ancelotti memiliki beberapa pilihan untuk posisi gelandang defensif. Arturo Vidal bisa dikesampingkan justru karena menempati posisi yang sama di depan empat bek.

Thiago Alcantara dan Joshua Kimmich menyusul. Namun, keduanya cenderung menyerang daripada bertahan.

Baca Juga:

Fisik Thiago juga kurang besar untuk gelandang bertahan. Kimmich tampak lebih diplot sebagai pengganti Philipp Lahm, yang juga pensiun, daripada Xabi.

Peluang Renato Sanches menjadi penerus Xabi boleh jadi lebih besar daripada Thiago dan Kimmich.

Alasan Muenchen membeli Renato dari Benfica dengan harga tinggi, 35 juta euro, pada musim panas silam memang terkait dengan Xabi.

“Kami berharap Renato Sanches mengikuti jejak Alonso. Itulah alasan kami merekrutnya. Ia memiliki semua kualitas yang dibutuhkan, tapi kami mesti lebih bersabar terhadap dirinya,” kata CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge, kepada Sport Bild tak lama seusai pengumuman pensiun Xabi.

Gelandang Bayern Muenchen, Renato Sanches, saat mengikuti sesi latihan di pusat latihan tim di Munich, Selatan Jerman, (11/4/2017), menjelang laga melawan Real Madrid dalam babak perempat final Liga Champion 2016-2017. (CHRISTOF STACHE/AFP)

Renato masih harus menunjukkan kualitas yang dihargai mahal itu. Hanya, gelandang defensif asal Portugal itu praktis belum mendapat kepercayaan Ancelotti.

Gelandang berusia 19 tahun itu mencatat 17 penampilan liga sejauh ini, dengan cuma enam sebagai starter.

Akurasi operan Renato lumayan tinggi, 88 persen, tapi dengan waktu bermain hanya sekitar 620 menit tak cukup untuk membuktikan diri.

Pensiun Xabi mungkin menyediakan kesempatan lebih besar baginya. Namun, Renato mungkin pula masih diplot sebagai pelapis.

Langkah Muenchen mendatangkan Sebastian Rudy dari Hoffenheim pada akhir musim — dan sudah dipastikan pada Januari lalu bersama Niklas Suele — bisa mencegah Renato menembus tim pertama Ancelotti.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.768


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.