Promosi-Degradasi Liga Italia: SPAL Siap Naik, Pescara Turun Kasta

By Beri Bagja - Kamis, 27 April 2017 | 10:23 WIB
Para pemain SPAL merayakan kemenangan mereka atas Cittadella dalam lanjutan Liga Italia Serie B pekan ke-38, 25 April 2017.
DOK. TWITTER @spalferrara
Para pemain SPAL merayakan kemenangan mereka atas Cittadella dalam lanjutan Liga Italia Serie B pekan ke-38, 25 April 2017.

Serie A dan Serie B, kompetisi dua lapis teratas Liga Italia, memasuki etape-etape terakhir di musim 2016-2017. Sudah muncul siapa saja tim yang hampir dan telah "berganti kasta" di antara dua liga tersebut.

Di level Serie A atau strata paling tinggi, Pescara Calcio harus angkat koper lebih dini dari persaingan.

Akibat kekalahan 1-4 dari AS Roma, Senin (24/4/2017), Pescara dipastikan gagal keluar dari zona merah.

Mereka berada di urutan ke-20 alias paling buncit sampai pekan ke-33. Tiga tim terbawah bakal terdegradasi. Saat ini, susunannya adalah Pescara (14 poin), Palermo (16), dan Crotone (24).

Dalam lima pekan tersisa, Pescara secara matematis sebenarnya masih bisa menyamai koleksi angka tim peringkat ke-17, Empoli (29).

Namun, selain harus berharap mereka terus-terusan menang dan Empoli selalu kalah, Pescara tak akan mungkin selamat lantaran kalah head-to-head dari rival asal Toscana itu.

Rekor pertemuan keduanya musim ini adalah 1-1 dan 4-0 buat kemenangan Empoli. Skuat asuhan Zdenek Zeman pun seperti cuma numpang lewat karena baru promosi ke Serie A tahun lalu.

Pada kutub lain, SPAL bersiap menggantikan posisi Pescara sebagai tim pertama yang meraih tiket promosi dari Serie B atau kompetisi level kedua.

Klub bernama lengkap Societa Polisportiva Ars et Labor ini menanti comeback ke divisi teratas setelah menanti 50 tahun. SPAL merupakan muka lama di Serie A.

Klub asal wilayah Emilia Romagna tersebut terakhir kali mentas di liga terelite pada 1967-1968. Kala itu mereka terdegradasi setelah finis di peringkat ke-14 dari 16 peserta. 


Editor : Beri Bagja
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.