El Clasico, Mengejar Rekor Beenhakker

By Rabu, 30 November 2016 | 11:47 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam pertandingan Grup F Liga Champions kontra Sporting CP di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, 22 November 2016.
FRANCISCO LEONG/AFP
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan instruksi kepada anak asuhnya dalam pertandingan Grup F Liga Champions kontra Sporting CP di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, 22 November 2016.

“Sensasional. Tak banyak tim yang bisa datang ke sini dan menang.” Itu ucapan Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid, akhir April silam, di Camp Nou!

Penulis: Rizki Indra Sofa

Sensasional, betul. Madrid saat itu baru saja mengejutkan, menang 2-1 di el clasico di rumah Barcelona, dengan gol kemenangan dicetak saat Madrid bermain dengan 10 pemain.

Lebih mengejutkan karena Madrid saat itu dalam situasi yang tak diunggulkan sama sekali, tapi memutus rentetan 39 laga tanpa kalah Barcelona.

Sekitar tujuh bulan berselang, Zizou terbukti mampu mengucapkan kalimat yang sama persis. “Tak banyak tim yang bisa menang di sini,” katanya. Kali ini bukan di Camp Nou, tapi markas yang sama lekat aura mistisnya, penuh suasana invincibility: Vicente Calderon.

Kala itu, 19 November 2016, Madrid baru saja menang di sana, di derbi Madrid terakhir liga yang mentas di Calderon. Bukan saja menang, tapi kemenangan telak, skor besar, tiga gol tanpa balas, semuanya dibuat Cristiano Ronaldo.

Ya, harus diakui, Zizou memang istimewa. Musim lalu, ia cuma sekali menjalani el clasico dan derbi Madrid. Maklum, ia meneruskan pekerjaan Rafael Benitez di tengah jalan.

Keangkeran itu toh tak menakutkan Zizou. Sekali ia menyambangi keduanya, setiap kali pula ia pulang membawa poin penuh. Lawatan berikutnya ke Camp Nou pada akhir pekan ini menjadi kunjungan kedua Zizou sebagai bos Madrid. Ia ingin menjaga rekor sempurna.

Benitez juga mendapat jatah satu derbi dan satu el clasico. Hasilnya pahit. Madrid kalah 0-4 di el clasico Santiago Bernabeu, tapi bisa menahan Atletico 1-1 di Calderon.

Zizou sedikit lebih baik secara perlahan. Mereka memang kalah di Bernabeu, 0-1 dari Atletico, tapi bisa menang 2-1 di el clasico Camp Nou akhir April tadi.

Calderon punya Atletico dan Camp Nou milik Barca. Inilah dua tempat paling angker buat Madrid, rival sekota dan rival el clasico.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No.2.720


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.