Sorot Spanyol: Prestasi, Bukan Reputasi

By Kamis, 6 Oktober 2016 | 12:15 WIB
Gelandang Spajnyol, Jose Maria Callejon, beraksi membela klub Serie A Italia, Napoli, di ajang Liga Champions melawan  SL Benfica (28/9/2016).
CARLO HERMANN/AFP
Gelandang Spajnyol, Jose Maria Callejon, beraksi membela klub Serie A Italia, Napoli, di ajang Liga Champions melawan SL Benfica (28/9/2016).

Langkah berani yang dilakukan Julen Lopetegui dalam periode awalnya melatih Spanyol adalah menepikan Iker Casillas, kapten tim kala menjuarai Euro 2008, 2012, dan Piala Dunia 2010.

Penulis: Sem Bagaskara

Status sebagai deputi David de Gea bergantian dipercayakan Lopetegui kepada Pepe Reina (Napoli), Adrian (West Ham United), dan Sergio Rico (Sevilla). Begitu diangkat menjadi ahli strategi Spanyol, Lopetegui memang telah menegaskan bahwa ia akan selalu mendahulukan prestasi terkini di atas lapangan ketimbang reputasi.

Tak heran jika dalam skuat yang disiapkan Lopetegui untuk menghadapi sepasang partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 versus Italia (6/10/2016) dan Albania (9/10/2016) nama Casillas kembali tak tertera.

Selain kiper beralias Santo Iker, nama besar lain yang tak terlihat adalah Cesc Fabregas (Chelsea), figur yang menciptakan assist bagi gol semata wayang kemenangan Spanyol atas Belanda pada final Piala Dunia 2010.

Tajam

Kembalinya Andres Iniesta dari cedera mengecilkan kans Fabregas masuk timnas. Pintu La Furia Roja kian tertutup lantaran di level klub, jebolan akademi Barcelona itu masih sulit meraih status pemain reguler.

"Cesc adalah pesepak bola hebat. Namun, terdapat banyak pemain yang kami sukai dan pantau. Tidak setiap orang bisa dipanggil," kata Lopetegui di Sport.

Salah satu pemain yang kini memancing atensi Lopetegui tak lain adalah Jose Callejon (Napoli). Eks pemain Real Madrid itu kembali ke timnas setelah absen nyaris selama dua tahun.

Terakhir kali Callejon bermain untuk Spanyol adalah pada 18 November 2014. Kala itu La Furia Roja kalah 0-1 dari Jerman dalam laga ekshibisi.

Bicara koleksi gol liga, Callejon adalah salah satu yang terbaik di antara penyerang di skuat Spanyol saat ini. Ia telah bikin lima gol di Serie A alias cuma kalah tajam dari Diego Costa (6 gol). Catatan tsersebut terbilang lebih baik ketimbang Alvaro Morata (1), Nolito (2), Lucas Vazquez (0), dan Vitolo (0).


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.