Dominasi Jerman Tak Berarti

By Jalu Wisnu Wirajati - Jumat, 9 Oktober 2015 | 04:52 WIB
Pelatih Jerman, Joachim Loew.
DFB
Pelatih Jerman, Joachim Loew.

Dominasi Jerman atas Irlandia tak berguna. Juara Dunia 2014 itu pun harus takluk 0-1 dari tuan rumah pada lanjutan kualifikasi Euro 2016, Kamis (8/10/2015).

Kemenangan Irlandia ditentukan oleh Shane Long pada menit ke-70. Gol Irlandia itu tercipta dari 6 peluang sepanjang pertandingan. Di sisi lain, Jerman bisa melepaskan 16 tembakan dan mendominasi penguasaan bola hingga 66 persen, tetapi tak sekali pun bisa menjebol gawang Shay Given atau Randolph. 

"Ini merupakan kekalahan yang tak perlu. Kami tak bisa memanfaatkan superioritas kami karena gagal mencetak gol," kata Loew seusai pertandingan. "Lalu, kami membuat satu kesalahan dan lawan bisa menciptakan gol." 

Thomas Mueller mengamini pernyataan pelatihnya itu. "Kami tak bisa memanfaatkan kesempatan yang dimiliki. Karena itulah, kami mengalami kesialan. Padahal, dari segi permainan, kami tidak tampil buruk," ujar dia. 

Kegagalan meraih kemenangan ini membuat Jerman belum memastikan tiket langsung ke putaran final Piala Eropa 2016. Mereka tinggal butuh hasil imbang melawan Georgia pada laga pamungkas (11/10/2015). 

Dengan koleksi 19 poin, hasil imbang sudah cukup bagi Jerman karena Polandia dan Irlandia yang sama-sama mengumpulkan 18 poin akan saling bertemu. Polandia dan Irlandia bisa lolos bersamaan andai meraih hasil imbang dan Jerman kalah. 

Meski sama-sama mengumpulkan 19 poin, Irlandia akan berada di atas Jerman karena unggul dalam rekor pertemuan. Dari dua laga di Grup D, Irlandia menahan imbang 1-1 Jerman di kandangnya dan menang 1-0 di kandang sendiri. 


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : DFB


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.