Produktivitas Penyerang Belanda Dipertanyakan

By Firzie A. Idris - Rabu, 7 Oktober 2015 | 13:02 WIB
Robin van Persie (kanan), sedang dalam kondisi tidak baik di klubnya, Fenerbahce.
KOEN VAN WEEL/AFP
Robin van Persie (kanan), sedang dalam kondisi tidak baik di klubnya, Fenerbahce.

Belanda sedang menghadapi situasi buruk di mana mereka terancam gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis.

Tim Oranye saat ini berada di urutan keempat klasemen Grup A Kualifikasi Euro 2016 dengan mengemas 10 poin dari delapan laga.

Islandia dan Republik Ceska telah memastikan diri lolos ke Prancis sebagai wakil Grup A. Peluang Belanda untuk menyusul dua tim nasional tersebut adalah lewat jalur play-off.

Bukan perkara enteng karena Belanda kudu mengakhiri Grup A sebagai peringkat 3 demi mencoba peruntungan di play-off. Tempat ketiga grup tersebut saat ini ditempati Turki, yang unggul dua poin dari Belanda.

Dalam upaya menghidupkan asa ke Euro 2016, Belanda diwajibkan menang di dua partai kualifikasi tersisa, yakni laga tandang kontra Kazakhstan (10/10) dan gim kandang versus Rep. Ceska (13/10).

“Baik untuk Van Persie maupun timnas Belanda, situasinya saat ini tidak ideal. Anda selalu ingin pemain Anda terus bermain di klub mereka,” kata Blind seperti dilansir De Telegraaf. “Van Persie memang bermain penuh melawan Celtic di Liga Champion (1/10). Namun, terasa tidak baik jika salah satu pemain utama Anda tidak bisa starter setiap laga,” ujar ayah dari bek United, Daley Blind, itu.

Sebagai pelatih, Danny Blind tentu ingin menurunkan skuat terbaik di dua partai krusial tersebut. Permasalahannya, sejumlah pemain yang dipanggil timnas Belanda saat ini tidak dalam kondisi cemerlang.

Salah satu sorotan adalah komposisi pemain di lini depan. Sebanyak tujuh penyerang yang dipanggil Blind sedang tampil kurang memuaskan di level klub.

Robin van Persie dan Klaas Jan Huntelaar, dua striker andalan Blind selama ini, punya problem masing-masing. Van Persie sedang sulit mendapat jam bermain di di klub barunya, Fenerbahce.

Sejak hijrah dari Manchester United pada musim panas 2015, Van Persie hanya sekali beraksi 90 menit penuh bagi Fenerbahce sampai pekan ketujuh Super Lig Turki 2015/16.

Pemain berusia 32 tahun itu malah cuma bermain sebagai pengganti di tiga partai liga terkini! Total menit bermainnya di tiga gim itu adalah 61 menit.


Editor : Theresia Simanjuntak
Sumber : Harian BOLA (Penulis: Theresia Simanjuntak)


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X