Bundesliga Punya Perempuan Wasit Musim Depan

By Lariza Oky Adisty - Sabtu, 20 Mei 2017 | 08:42 WIB
Bibiana Steinhaus
Dok. Bundesliga
Bibiana Steinhaus

Bundesliga 1 alias kasta tertinggi Liga Jerman punya terobosan baru mulai musim 2017-2018. Liga tersebut akan memiliki sosok perempuan sebagai pengadil pertandingan.

Bibiana Steinhaus (38) masuk ke daftar wasit untuk Liga Jerman pada musim 2017-2018. Perempuan yang bekerja sebagai polisi ini pun tidak asing dengan dunia perwasitan.

Dia sudah menjadi wasit untuk Bundesliga 2 sejak 2011 dan memimpin 80 laga.

Steinhaus juga berpengalaman memimpin pertandingan final sepak bola perempuan di Olimpiade 2012 London atara Jepang dan Amerika Serikat.

Namun, dia tetap antusias dengan tugas barunya di liga teratas kompetisi sepak bola di Jerman.

"Saya terkelu saat Lutz Michael Froehlich (kepala wasit Jerman) mengabari saya soal hal tersebut. Ada rasa tidak percaya, bahagia, lega, dan penasaran--layaknya berada di roller coaster," kata Steinhaus.

Di sisi lain, Steinhaus tahu bahwa dia mengemban tanggung jawab berat.

Baca Juga:

"Saya selalu bermimpi jadi wasit Bundesliga 1. Tentu saja saya gembira mimpi itu terwujud, karena kerja keras saya terbayar. Namun, ada tanggung jawab untuk terus bekerja keras setelah ini," tuturnya.

Sebagai perempuan di olahraga yang identik dengan pria dan maskulinitasnya, karier Steinhaus di lapangan hijau pun tidak lepas dari beberapa insiden minor.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Bundesliga, BBC Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.