AS Monaco Juara Ligue 1, Tampak Sejak Januari

By Sabtu, 20 Mei 2017 | 11:45 WIB
Pemain AS Monaco melakukan selebrasi dengan mengangkat trofi juara Ligue 1 setelah melakukan pertandingan terakhir Liga Prancis musim 2016-2017 melawan St. Etienne di Stadion Louis II, Monaco, (17/5/2017).
BORIS HORVAT/AFP
Pemain AS Monaco melakukan selebrasi dengan mengangkat trofi juara Ligue 1 setelah melakukan pertandingan terakhir Liga Prancis musim 2016-2017 melawan St. Etienne di Stadion Louis II, Monaco, (17/5/2017).

Paris SG mendominasi gelar juara Ligue 1 antara 2012/13 hingga 2015/16. Supaya bisa merebut trofi dari mereka, AS Monaco tahu Les Parisien tidak bisa dibiarkan berlama-lama di puncak klasemen.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Situasi itulah yang kemudian diciptakan Monaco sepanjang musim. Tak tanggung-tanggung, sang juara bertahan tidak pernah diberi kesempatan memimpin klasemen!

Monaco bahkan cuma dalam lima pekan berada di bawah PSG. Dalam 32 journee lainnya sampai menjadi juara, Rabu (17/5), posisi ASM selalu di atas Paris SG.

Monaco diungguli PSG pada dua pekan pertama. Saat itu Monaco ditahan Guingamp 2-2 dan menang 1-0 atas Nantes, sementara Paris dua kali menang atas Bastia serta Metz.

Tapi, dalam duel head-to-head pada pekan ke-3, ASM mengalahkan PSG 3-1. Itulah momen pertama Thomas Lemar dkk. berada di atas Les Parisien.


Pemain Monaco melakukan selebrasi seusai membobol gawang Paris Saint-Germain dalam laga lanjutan Ligue 1 di Stadion Parc des Princes, Paris, (29/1/2017).(FRANCK FIFE/AFP)

PSG menyalip lagi pada pekan ke-6, memanfaatkan kekalahan 0-4 Monaco dari Nice. Ketika itu kedua tim sama-sama mengoleksi 13 poin, tapi PSG menang selisih gol.

Keunggulan PSG cuma berlangsung sebentar karena pada pertandingan berikutnya mereka kalah 0-2 sementara Monaco menang 2-1 atas Angers. Pergantian posisi terjadi lagi pada pekan ke-9. Monaco kalah 1-3 dari Toulouse sedangkan Paris menang atas Nancy.

PSG kembali cuma unggul selisih gol dan lagi-lagi langsung disalip ASM pada laga selanjutnya. Les Parisien ditahan Marseille 0-0 sementara Monaco menang 6-2 atas Montpellier.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.769


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.