Piala Afrika 2017, Gajah dan Singa-singa Teranga

By Kamis, 12 Januari 2017 | 12:21 WIB
Bek Pantai Gading, Serge Aurier, saat mengikuti sesi latihan di Stadion Bollaert, Lens, Prancis, menjelang laga persahabatan melawan Prancis, pada 14 November 2016.
FRANCK FIFE/AFP
Bek Pantai Gading, Serge Aurier, saat mengikuti sesi latihan di Stadion Bollaert, Lens, Prancis, menjelang laga persahabatan melawan Prancis, pada 14 November 2016.

Dalam tiga edisi terakhir, kampiun Piala Afrika selalu berbeda. Piala Afrika 2012 milik Zambia. Edisi 2013 dimenangi Nigeria, sementara pada tahun 2015 giliran Pantai Gading yang berjaya.

Penulis: Riemantono

Apakah posisi juara Gabon 2017 akan diisi oleh negara di luar tiga nama di atas?

Bursa-bursa taruhan mengunggulkan Pantai Gading akan kembali menjadi raja Afrika. Tim nasional berjuluk Les Elephants (Si Gajah) diunggulkan oleh William Hill (7/2) dan Bet Brain (4/1).

Wajar kalau Si Gajah diunggulkan. Selain berstatus juara bertahan, Pantai Gading memiliki pemain-pemain berkualitas yang kemampuannya sudah diakui klubklub Eropa.

Les Elephants yang dilatih oleh pria asal Prancis, Michel Dussuyer, itu antara lain memiliki bek kanan Serge Aurier (Paris Saint-Germain) dan bek tengah Eric Bailly (Manchester United), gelandang muda yang sedang diincar klub-klub elite Eropa, Franck Kessie (Atalanta), serta penyerang berpengalaman Salomon Kalou (Hertha Berlin) dan Wilfred Bony (Stoke).

Pantai Gading sebenarnya bukan tim nomor satu Afrika pada Desember 2016. Si Gajah berada di posisi kedua dengan menempati peringkat 34 FIFA.

Nomor satu Afrika pada akhir tahun lalu adalah Senegal (Peringkat FIFA 33). Dalam bursa-bursa, Senegal diunggulkan menjadi kampiun setelah Pantai Gading.

Senegal belum pernah menjadi juara Piala Afrika. Pencapaian terbaik Les Lions de la Teranga (Singa-singa Teranga) adalah runner-up pada edisi 2002.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.732


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.