Piala Afrika 2017, Pesta Seru di Periode Tenang

By Kamis, 12 Januari 2017 | 11:09 WIB
Seorang penari mengenakan kostum Samba, maskot ajang Piala Afrika 2017, di sebuah loket tiket di Nzang-Ayong, sekitar 33 km dari ibu kota Gabon, Libreville, pada 15 Desember 2016.
STEVE JORDAN/AFP
Seorang penari mengenakan kostum Samba, maskot ajang Piala Afrika 2017, di sebuah loket tiket di Nzang-Ayong, sekitar 33 km dari ibu kota Gabon, Libreville, pada 15 Desember 2016.

Pesta sepak bola menjadi alat bersembunyi penguasa. Itulah yang akan terjadi di Coupe d'Afrique des Nations (CAN) alias Piala Afrika 2017 di Gabon.

Penulis: Riemantono Harsojo

Presiden Gabon, Ali Bongo, adalah seorang penggemar berat sepak bola. Dia sedang gembira karena sebuah pesta sepak bola segera hadir di hadapannya.

Pesta sepak bola itu bernama Gabon 2017, kejuaraan antarnegara paling bergengsi di Afrika yang diikuti 16 tim terbaik di Benua Hitam.

Untuk menyukseskan pesta tersebut, pemerintah Gabon membangun dua stadion di Kota Oyem dan Port Gentil yang memakan biaya setidaknya 130 juta dolar atau 1,7 triliun rupiah.

Dua stadion lain, di Libreville dan Franceville, sudah dibangun pada 2011 untuk menyambut Piala Afrika 2012 yang digelar oleh Gabon dan Guinea Ekuatorial.

Pengeluaran yang tidak sedikit untuk menyukseskan CAN 2017 mendatangkan kritik dari para lawan politik rezim Bongo.

Terlebih lagi situasi di Gabon pada saat ini sedang tidak menggembirakan. Gabon diterpa krisis ekonomi akibat kolapsnya usaha-usaha perminyakan di sana.

Belum lama ini Bongo mengakui bahwa 2016 sebagai tahun yang sulit. Menghadapi rangkaian protes dari rakyatnya, dia berharap CAN 2017 dapat menjadi periode tenang.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.732


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.