Jangan Pakai Nomor 9 di Arsenal

By Ade Jayadireja - Rabu, 5 Juli 2017 | 10:36 WIB
Jose Antonio Reyes hendak mengambil sepak pojok untuk Arsenal dalam laga melawan West Bromwich Albion, 15 April 2006.
PAUL GILHAM/GETTY IMAGES
Jose Antonio Reyes hendak mengambil sepak pojok untuk Arsenal dalam laga melawan West Bromwich Albion, 15 April 2006.

Beberapa klub punya nomor yang dianggap kutukan. Di Arsenal, angka sial tersebut adalah 9.

Nomor punggung 9 The Gunners saat ini dimiliki Lucas Perez. Namun, mungkin striker asal Spanyol itu akan hengkang setelah hanya tampil 11 kali di Premier League atau kasta teratas Liga Inggris 2016-2017.

Siapa yang akan mengenakan nomor tersebut apabila Perez benar angkat kaki? Mungkin saja Alexandre Lacazette, penyerang yang saat ini gencar didekati Arsenal.

Namun, jangan senang dulu. Nomor punggung 9 bisa berarti kutukan. Sejarah mencatat ada 11 pemain depan yang memakai nomor 9 di Arsenal sejak era Premier League dimulai pada 1992.

Tiga pengguna pertama bisa dikatakan sukses. Mereka adalah Alan Smith, Paul Merson, dan Nicolas Anelka.

Setelah kepergian Anelka ke Real Madrid pada 1999, nomor 9 berubah menjadi kutukan. Setiap pemain yang mengenakannya selalu gagal tampil memukau.

Selain Perez, berikut ini tujuh korban nomor sial di Arsenal yang memilih angka 9:

DAVOR SUKER


Davor Suker saat membela Arsenal dalam laga kontra Wimbledon, 18 Desember 1999( GRAHAM CHADWICK/GETTY IMAGES)

Cerita Davor Suker di The Gunners tak berlangsung lama. Striker timnas Kroasia itu bertahan hanya untuk musim 1999–2000.

Dari 38 pertandingan liga yang dilakoni Arsenal, Suker terlibat 22 kali. Jumlah golnya delapan.

Kendati meredup, Suker tak pergi dari Arsenal dengan tangan hampa. Ia setidaknya mendapat 'cendera mata' berupa medali perak dari Liga Europa.

FRANCIS JEFFERS


Francis Jeffers saat membela Arsenal dalam laga melawan Fulham, 1 Februari 2003(CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES)

Francis Jefferson mendarat di Arsenal pada 2001-2002 dari Everton. Diharapkan menjadi sumber gol tim, penyerang kelahiran Liverpool itu justru melempem.

Dua musim pertama bareng The Gunners, Jeffers mengukir empat gol dari 22 penampilan di liga. Ia sempat menjalani masa pinjaman di Everton selama semusim sebelum akhirnya dijual ke Charlton Athletic.

JOSE ANTONIO REYES


Jose Antonio Reyes berduel dengan pemain Wigan Athletic dalam laga pada 24 Januari 2006(CLIVE MASON/GETTY IMAGES)

Setelah Jeffers dipinjamkan ke Everton pada awal kompetisi 2003-2004, nomor punggung 9 diambil alih oleh Jose Antonio Reyes. Ia mengenakan angka serupa untuk dua musim selanjutnya.

Reyes memang mendapatkan medali juara Premier League, Piala FA, dan Community Shield selama membela Arsenal. Namun, peran juru gedor asal Spanyol itu tak terlalu menonjol.

Reyes mengumpulkan 16 gol selama tiga musim merumput di kasta tertinggi Liga Inggris. Dari 69 penampilan, ia 54 kali menjadi starter.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Mirror


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X