Pemain Asing di Liga Indonesia, Idealnya Seperti Del Piero

By Jumat, 24 Maret 2017 | 15:01 WIB
Selebrasi gol Alessandro Del Piero dalam pertandingan Serie A versus Inter Milan, 12 Februari 2006.
GETTY IMAGES
Selebrasi gol Alessandro Del Piero dalam pertandingan Serie A versus Inter Milan, 12 Februari 2006.

Setelah sebelumnya kompetisi dalam negeri bertajuk Liga Primer Indonesia mencoba kebijakan marquee player, Liga 1 musim ini mencoba kembali peraturan tersebut. Klub peserta Liga 1 diperbolehkan mendatangkan satu pemain asing lagi di luar kuota dua non-Asia plus satu Asia dengan status marquee player.

Penulis: Kukuh Wahjudi/Budi Kresnadi/Ram Makagiansar/Suci Rahayu

Namun, kriteria tambahan satu pemain itu tidak sederhana. Pertama, pesepak bola asing di bawah usia 35 tahun. Kedua, pernah bermain dalam putaran final Piala Dunia (2006, 2010, dan 2014).

Ketiga, berasal dari delapan liga elite internasional, seperti Liga Inggris, Spanyol, Italia, hingga Prancis.

"Kebijakan marquee player untuk menjadikan sepak bola kita lebih profesional. Lebih punya nilai jual industri. Kedua, pemain-pemain bola kita termotivasi," kata Edy Rahmayadi, Ketua Umum PSSI.

Intinya, seorang marquee harus mampu menarik sponsor dan bisa berkontribusi besar di lapangan.

Hal inilah yang menjadi tanda tanya bagi sebagian pihak. Pasalnya, Indonesia belum memiliki kisah sukses dari kebijakan marquee player.

Pada kompetisi LPI, Bandung FC yang bermarkas di Stadion Siliwangi Bandung pernah memiliki marquee player eks pemain Aston Villa, yakni Lee Hendrie.

Selain bayaran tinggi, fasilitas yang diberikan manajemen terbilang wah.

Ia tinggal di sebuah rumah mewah yang dilengkapi kolam renang di kawasan elite Setiabudi, Bandung Utara. Namun, fasilitas yang diberikan tidak sepadan dengan penampilannya di lapangan hijau.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X