Jelang Liverpool Vs Spurs, Bos Tottenham Murid Paling Cemerlang Marcelo Bielsa

By Dian Savitri - Selasa, 25 Oktober 2016 | 23:52 WIB
Mauricio Pochettino saat memimpin skuat Tottenham Hotspur menghadapi Watford dalam lanjutan Premier League 2015-2016 di Vicarage Road, Watford, Inggris, pada Senin (28/12/2015).
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Mauricio Pochettino saat memimpin skuat Tottenham Hotspur menghadapi Watford dalam lanjutan Premier League 2015-2016 di Vicarage Road, Watford, Inggris, pada Senin (28/12/2015).

Pernah ada yang dengar istilah coaching tree? Istilah itu biasanya akrab dengan mereka yang berkutat dengan olahraga Amerika Selatan.

Di sana, pelatih-pelatih muda menghabiskan banyak waktu untuk belajar di bawah arahan kolega yang lebih berpengalaman, sebelum mentas menjalani karier sebagai pelatih.

Tema itu juga cocok untuk sepak bola dan salah satu coaching tree yang paling menarik adalah pelatih asal Argentina, Marcelo Bielsa.

Dalam satu dekade atau lebih, sudah ada banyak pelatih yang muncul dari balik bayang Bielsa. Misalnya Jorge Sampaoli, pelatih Sevilla, yang melatih dengan gaya textbook, atau yang mengambil gaya lebih praktis, contohnya Eduardo Berizzo, pelatih Celta Vigo.

Mauricio Pochettino juga demikian. Menurut situs These Football Times, manajer Tottenham Hotspur ini yang paling dipengaruhi oleh gaya kepelatihan Bielsa.

Pochettino sudah kenal Bielsa sejak ia berusia 14 tahun bermain di klub Argentina, Newell’s Old Boys. Sebagai pemain, mungkin Pochettino tidak terlalu berpengaruh, namun tidak demikian ketika ia banting setir menjadi pelatih.

Baca Juga:

“Bielsa sudah seperti ayah untuk saya. Kami menghabiskan banyak waktu bersama. Saya mengenalnya sejak saya berusia 14 tahun di Newell’s Old Boys,” kata Pochettino, tentang pelatih yang kini berusia 61 tahun itu. Pochettino biasa menjuluki Bielsa sebagai The Crazy One.

Karier kepelatihan Pochettino dimulai pada 2009, ketika ditunjuk oleh Espanyol, klub tempatnya bermain pada 2004-2006. Espanyol menjadi klub pertama yang dilatih Pochettino dan jelas ia belum punya pengalaman di pekerjaan barunya itu.

Akan tetapi, dengan cepat Pochettino punya reputasi sebagai pelatih yang memainkan sepak bola menyerang dan lebih suka memainkan pemain-pemain muda.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : These Football Times


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X