Bedah Statistik, Alasan Roberto Firmino Terpilih Jadi Pemain Terbaik Januari

By Firzie A. Idris - Selasa, 9 Februari 2016 | 23:44 WIB
Penyerang Liverpool, Roberto Firmino, beraksi dalam laga EPL kontra Norwich di Stadion Carrow Road, Sabtu (23/1/2016).
CLIVE MASON/GETTY IMAGES
Penyerang Liverpool, Roberto Firmino, beraksi dalam laga EPL kontra Norwich di Stadion Carrow Road, Sabtu (23/1/2016).

Penyerang Liverpool, Roberto Firmino (24), mendapat pengakuan atas performa hebatnya dalam empat laga terakhir. Ia menyabet gelar PFA (Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris) Fan's Player of the Month untuk Januari. Seorang gelandang serang, ia mengalahkan dua striker murni dalam urusan mencetak gol.

Penyerang lugas tersebut terpilih berkat empat gol yang ia cetak dalam empat laga sepanjang Januari, kontra Arsenal (2 gol) dan Norwich (2).

Firmino subur bagi Liverpool setelah pelatih Juergen Klopp memasangnya sebagai striker pucuk Liverpool dalam semua laga di semua kompetisi sejak Januari.

Menariknya, Firmino tak kikuk di posisi tersebut dan ia bahkan mengalahkan dua bomber lokal, Wayne Rooney (Manchester United) dan Harry Kane (Tottenham), demi penghargaan tersebut.

Rooney membukukan 5 gol sepanjang Januari dan Kane 4 gol.

Statistik ini tentu mempertimbangkan bahwa Firmino lebih sering turun menjemput bola walau di atas kertas ia adalah striker pucuk Liverpool.

Secara efektif, pengamat taktik terkemuka, Michael Cox, melihatnya lebih sebagai pemain 'nomor 10' ketimbang seorang 'nomor 9'.

"Istilah false nine banyak disalah artikan. Seorang false nine bukan seorang gelandang bermain di depan, seperti Marouane Fellaini. Namun, Firmino adalah false nine karena ia seorang striker yang mengambil posisi di lapangan tengah dan bukan di puncak serangan," tulis Cox di FourFourTwo.

 


Pemain Liverpool, Roberto Firmino (kanan), tampil pada laga Premier League kontra Sunderland di Stadion Anfield, Sabtu (6/2/2016).(LINDSEY PARNABY/AFP)

Situs fans Liverpool, This is Anfield, bahkan menyebut permainannya sepanjang bulan pertama 2016 tersebut sebagai "cahaya terang di start tahun kelam bagi Liverpool".


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.