Kopral di Korps, Kapten di Klub, Lalu Debut di Timnas

By Rabu, 5 Juli 2017 | 11:29 WIB
Samuel Sarfo, dalam balutan seragam Liberty Professionals, lakoni debut di timnas Ghana pada Sabtu (3/7/2017).
DOK. BBC
Samuel Sarfo, dalam balutan seragam Liberty Professionals, lakoni debut di timnas Ghana pada Sabtu (3/7/2017).

Sebuah dongeng terjadi di tim nasional Ghana. Seorang polisi yang tahun lalu masih menjadi bagian dari tim pengawal The Black Stars - julukan timnas Ghana, kini menjadi bagian dari tim tersebut. 

Adalah Samuel Sarfo yang membuat cerita. Pemain belakang klub amatir Liberty Professionals itu melakoni debut bersama The Black Stars pada Sabtu (3/7/2017).

Sarfo masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-81 ketika Ghana kalah 1-2 dalam laga persahabatan kontra tuan rumah Amerika Serikat di Stadion Pratt & Whitney, Rentschler Field.

Menariknya, pada tahun lalu, pemain berusia 26 tahun itu masih berstatus polisi yang bertugas mengawal timnas Ghana. Namun, bulan lalu, Sarfo dipanggil pelatih timnas James Kwesi Appiah.

Sarfo menjadi salah satu pemain yang dipersiapkan Appiah untuk pertandingan kualifikasi Piala Afrika kontra Ethiopia. Namun, baru satu bulan berselang, dia melakoni debut.

"Ini merupakan mimpi yang menjadi nyata. Impian dari setiap pemuda di Ghana untuk membela negaranya," kata Sarfo kepada BBC.

"Saya ingin menjadi pesepak bola profesional karena dunia harus tahu apa yang bisa Samuel Sarfo lakukan," tuturnya lagi.

Tahun lalu, Sarfo sempat berpose dengan gelandang Emmanuel Agyemang-Badu seusai pertandingan The Black Stars, masih dengan kostum polisi. Gelandang Udinese itu jualah yang memberi dukungan kepada Sarfo.

Hanya, Agyemang-Badu belum sempat bermain dengan pemain yang didukungnya. Dia tak dipanggil oleh pelatih Appiah untuk pertandingan tersebut.

Sarfo sendiri masih aktif bekerja di kepolisian dengan pangkat kopral. Namun, "pangkat" dia di sepak bola lebih tinggi, yaitu kapten Liberty Professionals.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X