FIFA Puas dengan Kinerja Teknologi VAR

By Selasa, 20 Juni 2017 | 08:44 WIB
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), menerima penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA 2016 dari Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Zurich, Swiss, Senin (9/1/2017) waktu setempat.
FABRICE COFFRINI/AFP
Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), menerima penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA 2016 dari Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Zurich, Swiss, Senin (9/1/2017) waktu setempat.

 Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku puas dengan kinerja Video Assistant Referee (VAR) yang digunakan di Piala Konfederasi 2017. Dia menilai video merupakan bagian dari masa depan sepak bola modern. 

VAR sudah diujicobakan sejak Piala Dunia Klub pada Desember lalu. Video juga digunakan di Piala Konfederasi 2017 dalam membantu wasit mengambil keputusan.

Beberapa kejadian yang melibatkan VAR sudah ditemui di Piala Konfederasi 2017. Penganuliran gol Pepe (Portugal) dan gol Tomi Juric (Australia) ke gawang Jerman diputuskan setelah wasit bertanya ke tim panel VAR.

"Kita telah melihat bagaimana video telah membantu wasit untuk membuat keputusan tepat," kata Infantino seusai laga Australia vs Jerman seperti dilansir dari BBC, Senin (19/6/2017).

"Ini merupakan salah satu penanda turnamen. VAR merupakan masa depan dari sepak bola modern. Saya sangat senang dengan proyek ini," tuturnya menambahkan.

Baca Juga:

Menurut FIFA, sudah ada lima insiden terkait gol, empat kejadian soal offside, dan satu bola yang mengenai lengan diputuskan wasit setelah melihat VAR.

"Uji coba VAR di Piala Konfederasi juga membantu kami dalam proses dan cara berkomunikasi (wasit ke tim panel)," ujar Infantino melanjutkan.

"Apa yang diinginkan suporter selama beberapa tahun terakhir akhirnya terjadi," ucapnya.

Penggunaan video memang sempat menjadi pro-kontra. Banyak yang memberi dukungan, tetapi ada pula menolaknya.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.