Rekrutan Termahal Bayern dan Bayang-bayang Kegagalan Goetze

By Anju Christian Silaban - Jumat, 16 Juni 2017 | 09:00 WIB
Gelandang Corentin Tolisso (kiri) saat menandatangani kontrak dengan FC Bayern Muenchen.
DOK TWITTER CORENTIN TOLISSO
Gelandang Corentin Tolisso (kiri) saat menandatangani kontrak dengan FC Bayern Muenchen.

 Beban berat dipikul Corentin Tolisso setelah merampungkan transfernya dari Olympique Lyon ke Bayern Muenchen, Rabu (14/6/2017).

Dia dituntut membuktikan kepantasannya sebagai pemain termahal sepanjang sejarah Die Roten julukan klub. Nilainya mencapai 41,5 juta euro (sekitar Rp 615 miliar).

Tidak mudah menyandang predikat tersebut. Ada sejumlah nama besar yang justru mengalami flop setelah diakuisisi Bayern dengan nilai tinggi.

Contoh paling mudah adalah Mario Goetze. Dengan nilai 37 juta euro, dia pindah dari Borussia Dortmund pada musim panas 2013.

Hasilnya, pencetak gol tunggal Jerman pada Piala Dunia 2014 itu, malah cuma menjadi pelapis di skuat Bayern.

Tengok saja 2015-2016 yang menjadi musim terakhirnya di Bayern. Sang gelandang serang cuma menjalani 1.219 menit di lapangan yang dihiasi enam gol dan empat assist.

Hingga akhirnya, Goetze dipulangkan ke Dortmund pada musim panas 2016.

Baca: Victor Lindelof, Mahal Bisa Jadi Gagal

Selain Goetze, masih Javi Martinez, Renato Sanches, Mario Gomez, dan Medhi Benatia. Mereka masuk daftar 10 besar transfer termahal Bayern.

Kini, Martinez memang menjadi andalan reguler di jantung pertahanan Die Roten. Hanya, perlu diingat bahwa Bayern sempat merugi karena pemain asal Spanyol itu kerap didera cedera parah.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Transfermarkt, Opta, Bild, Bayern Muenchen


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.