Persaingan Menuju Rusia 2018: Zona Eropa Masih Membara

By Jumat, 9 Juni 2017 | 14:46 WIB
Timnas Belanda gagal ke Piala Eropa 2016, Memphis Depay ingin membantu negerinya menembus putaran final Piala Dunia 2018.
AFP/EMMANUEL DUNAND
Timnas Belanda gagal ke Piala Eropa 2016, Memphis Depay ingin membantu negerinya menembus putaran final Piala Dunia 2018.

Liga domestik maupun kontinental sudah usai. Sekarang giliran laga antarnegara mentas dengan tajuk Kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018. 

Penulis: Rizki Indra Sofa

Perburuan tiket ke putaran final PD Rusia 2018 hampir mendekati klimaks. Sejauh ini, sudah lebih dari 630 partai yang dimainkan 209 negara di berbagai fase kualifikasi untuk memperebutkan satu dari 31 tempat di Rusia.

Jumlah itu pun sudah berkurang lagi menjadi 30 slot saja mengingat Brasil telah memastikan diri lolos ke putaran final, menyusul Rusia sebagai negara penyelenggara.

Sepanjang akhir pekan ini hingga awal pekan depan, sejumlah konfederasi kembali menggelar lagalaga kualifikasi: AFC (Asia), UEFA (Eropa), Concacaf (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), serta OFC (Oseania). Dua konfederasi lain, Conmebol (Amerika Selatan) dan CAF (Afrika), tak menggelar partai kualifikasi.

Lantas, siapa yang paling dekat menyusul Brasil dan Rusia? Awal pekan depan, peluang itu muncul dari Iran. Team Melli asuhan Carlos Queiroz hanya membutuhkan satu kemenangan lagi buat menggaransi penampilan di Rusia 2018.

Kemenangan atas Uzbekistan pada Senin (12/6) bisa memastikan mereka tak akan terlempar dari pos dua besar babak III Kualifikasi PD 2018 zona Asia di Grup A. Otomatis, Iran bakal berpartisipasi di dua PD secara konsekutif, sesuatu yang tak pernah mereka lakukan sebelumnya.

Selain Iran, belum ada negara lain yang berpeluang lolos di fase kualifikasi sepanjang sepekan ke depan.

Jerman dan Belanda

Bagaimana dengan zona Eropa? Sebanyak 52 negara, tak termasuk Rusia, bertarung buat total 13 slot Eropa tersisa di PD 2018. Kualifikasi baru separuh jalan dan tanda-tanda ada tim yang bisa lolos lebih cepat dari kualifikasi di Benua Biru belum terlihat sama sekali.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X