Buffon Rangkum 1.000 Penampilan

By Ferril Dennys Sitorus - Jumat, 24 Maret 2017 | 08:16 WIB
Gianluigi Buffon (kiri) dan Iker Casillas setelah duel Italia melawan Spanyol pada final Piala Eropa 2012 di Stadion Olympic, Kiev,  21 Juli 2017.
JEFF PACHOUD/AFP
Gianluigi Buffon (kiri) dan Iker Casillas setelah duel Italia melawan Spanyol pada final Piala Eropa 2012 di Stadion Olympic, Kiev, 21 Juli 2017.

Kapten tim nasional Italia, Gianluigi Buffon akan menandai 1.000 penampilan jika dia bermain pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Albania, Jumat (24/3/2017).

Buffon menandai debutnya saat berusia 17 tahun pada 1995. Saat itu, dia memperkuat Parma, sebelum memutuskan pindah ke Juventus pada 2001.

Sementara bersama Italia, Buffon melakoni debutnya saat berusia 19 tahun pada 29 Oktober 1997. Sejauh ini, dia telah memperkuat Italia selama 19 tahun.

Kiper berusia 39 tahun tersebut telah membuat keputusan akan pensiun setelah Piala Dunia 2018. Apabila Italia lolos ke putatan final, dia akan menjadi satu-satunya pemain yang yang tampil dalam enam edisi Piala Dunia.

"Saya hanya berpikir soal pertandingan selanjutnya," jawaban Buffon saat ditanya soal keputusan pensiun pada 2018.

"Dalam kehidupan yang terpenting adalah meraih kemenangan. Saat Anda menginginkan sesuatu yang besar maka akan Anda risiko yang harus dilewati," tuturnya.

Laga melawan Albania juga akan menjadi penampilan ke-168 Buffon bersama Italia. Kiper Juventus tersebut akan menjadi pemain yang paling banyak tampil bersama tim nasional sepanjang sejarah sepak bola Eropa. Catatan Buffon tersebut melampui torehan Iker Casillas dan mantan gelandang Latvia, Vitalijs Astafjevs.

Dengan catatan 168 penampilan, Buffon berada di peringkat kelima dalam daftar dunia. Dia terpaut 16 penampilan dari pemain Mesir Ahmed Hassan yang berada di urutan pertama.

Pencapaian Buffon bersama Italia adalah membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2006.


Editor :
Sumber : AP


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X