Bundesliga, Balapan Satu Kuda Pacu Lagi?

By Jumat, 26 Agustus 2016 | 18:46 WIB
para pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Hannover 96 dalam Pertandingan Bundesliga di Allianz Arena, Munich, Jerman, 14 Mei 2016.
DANIEL KOPATSCH/GETTY IMAGES
para pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Hannover 96 dalam Pertandingan Bundesliga di Allianz Arena, Munich, Jerman, 14 Mei 2016.

"Bayern Muenchen kini ditangani pelatih cerdas sekaliber Carlo Ancelotti serta memiliki pertahanan terkokoh di dunia dengan keberadaan Jerome Boateng, Mats Hummels, dan kiper Manuel Neuer."

Penulis: Indra Citra Sena

Pernyataan ini keluar dari mulut Lothar Matthaeus dalam sesi tanya-jawab bersama Tabloid BOLA dan wartawan mancanegara dalam rangkaian kegiatan International Media Event Supercup 2016 di Duesseldorf, Jerman, Minggu (14/8).

Gelandang legendaris Muenchen dan tim nasional Jerman itu seolah ingin menegaskan bahwa Bundesliga 2016-2017 akan menyajikan balapan satu kuda pacu lagi seperti empat musim terdahulu.

Anggapan Matthaeus tak berlebihan. Materi pemain Muenchen memang tergolong lebih baik daripada tim-tim papan atas lain seperti Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, Schalke 04, dan Wolfsburg.

Kalaupun ada tim yang bisa menjadi penantang serius Muenchen di Bundesliga 2016-2017, Dortmund layak dikedepankan mengingat runner-up musim lalu itu terlihat aktif bergerak di bursa transfer musim panas.

Baca Juga:

Dortmund juga punya nilai plus berupa keangkeran Stadion Signal Iduna Park yang hampir selalu penuh sesak dengan suporter setia. Bantuan teror dari mereka menghasilkan 14 kemenangan dan tiga hasil imbang dalam 17 partai kandang di musim lalu.

Soal penonton, Bundesliga kemungkinan besar bakalan mempertahankan predikat sebagai liga teramai di dunia. Sebanyak 90 persen kapasitas setiap stadion dipastikan terisi karena tiket terusan nyaris ludes terjual.

"Mungkin angkanya menurun ketimbang musim lalu (91 persen) akibat terdegradasinya VfB Stuttgart (60.441) dan Hannover (49.000) yang memiliki stadion berkapasitas besar, tetapi kami masih tetap berstatus liga teramai di dunia,” kata Head of International PR Bundesliga, Eliane Zaeh, kepada BOLA.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No.2.692


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.