Inilah Penghargaan yang Tak Bisa Didominasi Ronaldo-Messi

By Ade Jayadireja - Rabu, 20 Juli 2016 | 16:53 WIB
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri), bersalaman dengan ikon Argentina, Lionel Messi, dalam pertandingan persahabatan di Old Trafford, Manchester, Inggris, 18 November 2014.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri), bersalaman dengan ikon Argentina, Lionel Messi, dalam pertandingan persahabatan di Old Trafford, Manchester, Inggris, 18 November 2014.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi boleh mendominasi Ballon d'Or dalam 6 tahun terakhir. Namun, untuk urusan penghargaan Pemain Terbaik Eropa, dua megabintang La Liga itu sulit tampil superior.

Messi sudah mengoleksi dua gelar pemain terhebat di Benua Biru. Ia memperoleh titel tersebut pada musim 2010-2011 dan 2014-2015.

Performa Messi pada dua musim tersebut memang patut diacungi jempol. Ia mengantarkan FC Barcelona merebut mahkota juara La Liga dan Liga Champions.

Nasib Ronaldo tak lebih baik dari Messi. Enam kali menjadi 3 kandidat terdepan, superstar Real Madrid tersebut cuma satu kali berhasil membawa pulang piala.

Momen manis Ronaldo terjadi pada musim 2013–2014. Dengan perolehan 27 suara, CR7 mengungguli Manuel Neuer dan Arjen Robben dari Bayern Muenchen.

Baca juga:

Untuk msuim 2015-2016, nama Messi dan Ronaldo kembali masuk daftar 37 calon penerima penghargaan Pemain Terbaik Eropa. Sang pemenang akan diumumkan saat undian fase grup Liga Champions 2016-2017 di Monako, 25 Agustus.

Messi masuk nominasi berkat kesuksesan mengantarkan Barca ke tangga juara La Liga dan Copa del Rey. Adapun Ronaldo hanya meraih satu gelar bareng Madrid, yakni Liga Champions.

Bagaimana dengan catatan statistik kedua pemain? Ronaldo membukukan 51 gol dan 15 assist dalam 48 penampilan di semua ajang musim lalu, sedangkan Messi menorehkan 41 gol dan 26 assist dari 49 laga.

Pemenang Pemain Terbaik Eropa ditentukan melalui voting yang melibatkan jurnalis dari 55 negara anggota UEFA. Penganugerahan ini merupakan upaya UEFA menghidupkan kembali ajang apresiasi buat Pemain Terbaik Eropa yang pernah diterapkan lewat format lama Ballon d'Or.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Marca


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X