Haiti Bisa Jadi Liliput dan Raksasa bagi Brasil

By Beri Bagja - Selasa, 7 Juni 2016 | 21:30 WIB
Para pemain Haiti berpose sebelum melakoni laga kontra Peru pada ajang Copa America di Seattle, Amerika Serikat, 4 Juni 2016.
JASON REDMOND/AFP
Para pemain Haiti berpose sebelum melakoni laga kontra Peru pada ajang Copa America di Seattle, Amerika Serikat, 4 Juni 2016.

Dilihat dari segi mana pun, Haiti bak liliput di hadapan Brasil. Akan tetapi, kontestan asal Kepulauan Karibia itu bisa menjelma jadi raksasa seketika saat kedua tim bertemu di Orlando, Kamis pagi WIB (9/6/2016).

Kalau daftar peringkat FIFA terakhir dijadikan patokan, Brasil dan Haiti terpaut 67 anak tangga! Brasil menghuni posisi ke-7, sedangkan Haiti ke-74.

Sudah jelas bahwa Brasil juga superior atas Haiti dalam segi sejarah. Pasukan Selecao punya 5 gelar Piala Dunia, sedangkan Haiti baru tampil sekali pada ajang tersebut, yakni pada 1974.

Beralih ke kancah Copa America, Brasil memiliki 8 trofi. Adapun Haiti baru mencicipi ajang ini pada Copa America Centenario 2016.

Baca Juga:

Segala latar belakang tersebut membuat Brasil sangat diunggulkan atas Haiti dalam duel nanti. Bagi Selecao, momen tersebut membuka kesempatan mereka bangkit usai ditahan Ekuador 0-0 pada laga pertama.

Pasukan Carlos Dunga bukan hanya dituntut menang atas Haiti, tapi juga menampilkan permainan cantik.

"Kami harus meningkatkan segalanya. Bukan hanya dalam bertahan dan menyerang, kami juga harus berkembang sebagai sebuah unit," ucap Dunga usai laga kontra Ekuador.

Andai modal keunggulan di atas kertas dijadikan patokan, Brasil boleh berharap merealisasikan permintaan Dunga. Akan tetapi, Haiti bisa menjadi tim yang menyulitkan Selecao.

Sadar akan kekurangan kualitas di hadapan Brasil, skuat asuhan Patrice Neveu bakal mengompensasinya dengan permainan kompak dan ultradefensif.

[video]http://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=4926064302001&preload=none[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X