Tebus 'Rubah Kotak Penalti' Rp 637 Miliar, Klub China Pecahkan 2 Rekor

By Septian Tambunan - Kamis, 4 Februari 2016 | 03:36 WIB
Jackson Martinez, resmi bergabung ke Guangzhou Evergrande, dengan mahar Rp 637 miliar pada Rabu (3/2/2016).
TWITTER @GZEvergrandeFC
Jackson Martinez, resmi bergabung ke Guangzhou Evergrande, dengan mahar Rp 637 miliar pada Rabu (3/2/2016).

Klub China, Guangzhou Evergrande, memecahkan 2 rekor kala merekrut penyerang Atletico Madrid, Jackson Martinez, yang dijuluki media China sebagai "rubah kotak penalti", dengan mahar 42 juta euro atau setara dengan Rp 637 miliar.

Menurut data Transfermarkt, transaksi tersebut menjadi rekor transfer musim dingin 2016. Hebatnya lagi, angka fantastis itu menjadikan Martinez sebagai pembelian termahal dalam sejarah sepak bola China.

"Sebuah kehormatan dapat menjadi bagian dari klub ini. Waktunya telah tiba untuk membuka lembaran baru dalam karier olah raga saya," kata Martinez dalam laman AS.

"Ada banyak perbincangan dalam beberapa hari terakhir dan ini adalah langkah terbaik untuk kepentingan semua orang," ucapnya lagi.

Pemain berusia 29 itu juga menyampaikan terima kasih kepada mantan rekan satu tim dan staf di Atletico karena sudah memberinya kekuatan dan kepercayaan diri setelah pindah dari FC Porto pada musim panas lalu.

Martinez merupakan pesepak bola teranyar yang mendarat dari Eropa untuk pindah ke Liga Super China. Dalam sebuah pernyataan bahasa China di situs klub, dia digambarkan sebagai sosok "pemburu gol" dan "rubah dalam kotak penalti".

Kehadiran tiga kali top scorer Liga Portugal ini memecahkan catatan transfer klub Negeri Tirai Bambu yang sempat dipegang oleh Ramires kala dipinang Jiangsu Suning dari Chelsea senilai 28 juta euro (Rp 426 miliar).

Seperti dikutip Transfermarkt, total belanja klub-klub Liga Super China selama jendela transfer musim dingin mencapai 203,9 juta euro (Rp 3 triliun). Catatan tersebut hanya kalah dari Premier League dengan nominal 230,2 juta euro (Rp 3,5 triliun).

Baca juga:

Atletico membeli Martinez tahun lalu senilai 35 juta euro lantaran performa gemilang dia di Porto. Ujung tombak tim nasional Kolombia ini sanggup menggelontorkan 92 gol dalam 133 pertandingan.


Editor :
Sumber : AS


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X