Lawan Thailand, Indonesia Harus Menang Mental Lebih Dulu

By Kukuh Wahyudi - Minggu, 23 Juli 2017 | 13:50 WIB
Para pemain timnas U-22 Indonesia merayakan kemenangan besar 7-0 atas timnas U-22 Mongolia pada lanjutan Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Nasional Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat (21/7/2017).
KUKUH WAHYUDI/JUARA.NET
Para pemain timnas U-22 Indonesia merayakan kemenangan besar 7-0 atas timnas U-22 Mongolia pada lanjutan Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di Nasional Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat (21/7/2017).

Di level senior ataupun level U-23 (kini menjadi U-22), Thailand selalu menjadi biang kerok dari ketidakmulusan langkah Indonesia di suatu ajang. Bahkan di dua ajang terakhir U-23, Tim Merah-Putih selalu kalah telak dari tim berjulukan Negeri Gajah Putih tersebut.

Pada SEA Games 2015, Abduh Lestaluhu dkk kalah 0-5 saat bertemu Chanatip Songkrasin cs di babak semifinal.

Setahun sebelumnya saat mengikuti Asian Games 2014, Bayu Gatra dan kolega harus pasrah dengan keunggulan Thailand enam gol tanpa balas.

Mengacu pada fakta buruk tersebut, tim pelatih waswas hal itu bisa mengganggu psikologis pemain menjelang laga kontra Thailand dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup H di Stadion Nasional, Bangkok, Minggu (23/7/2017).

Walhasil, untuk laga nanti tim pelatih lebih menitikberatkan pada kekuatan mental saat bersua tuan rumah.

Rekor-rekor buruk sebelumnya harus dijadikan motivasi untuk mengubah tren ke arah positif.

Baca Juga:

"Kami ingatkan sejak awal sudah harus kuat mental. Hal itu terbukti saat lawan Malaysia mental drop dan juga terjadi gol cepat," ucap Bima Sakti, asisten pelatih timnas U-22 menjelang laga melawan Thailand.

"Alhamdulillah saat melawan Mongolia bisa bangkit. Semoga kondisi pada laga sebelumnya (vs Malaysia) tidak terjadi lagi saat menghadapi Thailand," katanya.

Bila mental sudah terjaga, Bima optimistis seluruh pemain timnas yang diturunkan bakal menunjukkan penampilan terbaiknya.


Editor : Beri Bagja
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.