Barcelona Abdikan Johan Cruyff

By Ferril Dennys Sitorus - Sabtu, 25 Maret 2017 | 23:51 WIB
Johan Cruyff menjadi pelatih untuk “tim nasional” Catalunya, ketika menghadapi Argentina, pada partai persahabatan yang digelar di Stadion Camp Nou, Barcelona, 22 Desember 2009.
Jasper Juinen/Getty Images
Johan Cruyff menjadi pelatih untuk “tim nasional” Catalunya, ketika menghadapi Argentina, pada partai persahabatan yang digelar di Stadion Camp Nou, Barcelona, 22 Desember 2009.

Barcelona pada Sabtu (25/3/2017) siang waktu setempat mengumumkan bahwa lapangan latihan yang baru akan dinamakan Johan Cruyff.

Stadion Johan Cruyff berada di area komplek latihan Ciutat Esportiva.

Cruyff merupakan salah satu legenda bagi El Barca. Dia membela klub Catalan tersebut selama lima tahun pada 1973-1978.

Tak hanya sukses sebagai pemain, Cruyff juga piawai menjadi pelatih. Membesut El Barca sejak 1988, pelatih asal Belanda tersebut sukses mempersembahkan empat gelar La Liga dan masing-masing satu trofi Copa del Rey dan Piala Champion. Cruyff juga yang menanamkan filosofi permainan dan akedemi Barca.

Pada 24 Maret 2016, Cruyff meninggal. Legenda asal Belanda tersebut berpelung karena kanker paru-paru yang dideritanya.

Tepat setahun kepergian Cruyff, Barca memilih mengabadikan namanya untuk stadion yang baru.

Tidak hanya stadion, klub berencana membuat patung Cruyff yang akan berlokasi di Stadion Camp Nou setelah direnovasi.

Ada pula rencana untuk menempatkan trofi Ballon d'Or yang diraih Cruyff pada 1974 dan seragam nomor sembilan milik Cruyff yang didonasikan keluarga Cruyff kepada klub. Kedua item tersebut akan ditempatkan di salah satu area di museum Barcelona.

Klub dan keluarga juga telah mengajukan permintaan kepada pemerintah kota Barcelona agar salah satu jalan dinamakan Johan Cruyff.


Editor :
Sumber : Barcelona


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X