Jasa Van Gaal kepada Enrique

By Anju Christian Silaban - Kamis, 19 Januari 2017 | 12:45 WIB
Ekspresi pelatih Barcelona, Luis Enrique, di bangku pemain cadangan dalam partai La Liga kontra Real Sociedad di Stadion Anoeta, San Sebastian, 27 November 2016.
JUAN MANUEL SERRANO/GETTY IMAGES
Ekspresi pelatih Barcelona, Luis Enrique, di bangku pemain cadangan dalam partai La Liga kontra Real Sociedad di Stadion Anoeta, San Sebastian, 27 November 2016.

 Luis Enrique mengulas sosok Louis van Gaal yang sempat menjadi pelatihnya di Barcelona. Van Gaal dianggap sebagai pelatih dengan pendirian kuat.

Keduanya memang sempat bekerja sama di Barcelona selama empat musim. Van Gaal menjabat sebagai pelatih dan Enrique menjadi pemain.

Di bawah Van Gaal, peran Enrique tergolong vital dengan catatan 101 laga dalam empat musim. Dia turut mencetak 48 gol plus satu assist.

Atas dasar itu, Enrique pun menganggap Van Gaal sebagai sosok berjasa dalam kariernya.

"Van Gaal berperan penting tidak cuma dalam hal sepak bola, tetapi juga personal," tutur Enrique.

"Dia merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah bekerja dengan saya dan memiliki karakter kuat. Dari dia, saya belajar banyak," ucap dia.

Hanya, diakui pula oleh Enrique, Van Gaal selalu menerapkan aturan ketat di setiap tim yang dilatihnya.

Salah satu contohnya adalah Rivaldo, yang hengkang dari Barcelona pada 2002. Pemilik nama terakhir dianggap memiliki komitmen rendah terhadap tim.

"Ada aturan tertentu yang bakal terus dipertahankan Van Gaal, tidak peduli interpretasi pemain. Namun, di balik keseriusannya, dia juga sangat sensitif," kata Enrique.

Van Gaal sendiri memutuskan untuk mengambil masa sabatikal. Setelah itu, dia kemungkinan besar pensiun.

[video]http://video.kompas.com/e/5282475423001[/video]


Editor :
Sumber : Marca, Barcelona


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.