Sinyal Terang di Balik Alarm Bahaya Real Madrid

By Kamis, 29 September 2016 | 10:15 WIB
Bek Real Madrid, Raphael Varane (tengah), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Borussia Dortmund dalam laga Liga Champions di BVB Stadion, Dortmund, 27 September 2016.
ODD ANDERSEN/AFP
Bek Real Madrid, Raphael Varane (tengah), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Borussia Dortmund dalam laga Liga Champions di BVB Stadion, Dortmund, 27 September 2016.

Media Spanyol seperti berlomba-lomba memberikan evaluasi menyusul sepasang hasil imbang yang diperoleh Real Madrid di dua jornada beruntun. Kekecewaan ini memang belum menggeser Los Merengues dari singgasana klasemen La Liga 2016-2017. Namun, cukup untuk membunyikan alarm di Santiago Bernabeu.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Mayoritas dari para jurnalis setempat memberikan beberapa faktor kunci dari kegagalan Madrid meraih tripoin tersebut. Namun, jika ditarik garis merah, seluruhnya menyoroti lini belakang sebagai biang permasalahan.

Penilaian ini sangat bisa dimaklumi. Sebabnya, dua gol yang bersarang ke gawang Kiko Casilla, di laga kontra Villarreal dan Las Palmas, berawal dari kesalahan mendasar lini belakang Madrid. Sergio Ramos menjadi aktor antagonis di laga pertama, sedangkan Raphael Varane di laga kedua.

Ramos “terpaksa” menyentuh bola yang berujung penalti sekaligus gol pembuka buat El Submarino Amarillo. Menjelang insiden tersebut, Varane mencoba melewati penyerang lawan melalui gerakan memutar. Namun, bola justru mampu direbut dan sepakan Rigueros memaksa Ramos menghalau memakai tangannya.

Di partai melawan Las Palmas, Varane pantas dipersalahkan untuk gol pertama timtuan rumah lantaran membiarkan sundulannya mendarat tepat di kaki Tana. Dalam situasi relatif tanpa kawalan, striker tim promosi ini sukses melepas sepakan mendatar yang tak mampu dijangkau Casilla.

Untuk gol kedua, yang menjadi gol penyama skor, giliran kombinasi antara Varane dan Ramos yang menjadi penyebab. Varane gagal mengantisipasi umpan melalui sundulan lawan. Sementara itu, Ramos yang menjadi orang terdekat dengan Araujo, sang pencetak gol, tak cukup garang dalam mengawal sehingga pemain Argentina itu bisa melepaskan tembakan.

Kesalahan memang menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dari sepak bola. Bahkan untuk klub sebesar Madrid sekalipun. Akan tetapi, ketika kesalahan elementer muncul berulang, dan berakibat Madrid gagal meraih poin penuh, berarti memang ada sesuatu yang salah.

Sebagai awal, pasangan Ramos-Varane memang sudah “salah”. Sejujurnya mereka berdua bukan duet utama di pos bek tengah. Tanden sejati Ramos dalam kisah sukses Madrid adalah Pepe.

Namun, Zinadine Zidane tak punya pilihan untuk tidak menurunkan Ramos-Varane karena Pepe masih terlilit cedera.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X