Athletic Bilbao, Minim Belanja dan Utamakan Akademi

By Sabtu, 30 Juli 2016 | 13:12 WIB
Pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde, dalam pertandingan uji coba melawan Bordeaux di Tarnos, Prancis, pada 23 Juli 2016.
NICOLAS TUCAT/AFP
Pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde, dalam pertandingan uji coba melawan Bordeaux di Tarnos, Prancis, pada 23 Juli 2016.

Kompetisi La Liga merupakan salah satu liga Eropa yang paling sibuk di jendela transfer musim panas 2016. Sejumlah klub, terutama penghuni papan atas, berniat memaksimalkan periode ini buat bersolek diri dan menambah kekuatan menyambut musim baru.

Penulis: Indra Citra Sena

Pengecualian bagi Athletic Bilbao. Kendati terbilang sebagai tim papan atas Spanyol, Los Leones alias Si Singa rupanya enggan menggelontorkan dana besar seperti raksasa La Liga lain seperti Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, Sevilla, dan Valencia.

Sejauh ini Bilbao sama sekali belum melakukan pergerakan di bursa transfer.

Aktivitas klub kebanggaan masyarakat Basque tersebut baru sebatas menarik kembali beberapa pemain yang menjalani masa pinjaman serta mempromosikan bakat muda tempaan akademi ke tim utama.

Berdasarkan data di situs Transfermarkt, Bilbao mencomot tujuh pemain dari Bilbao Athletic atau tim cadangan yang bernaung di Divisi Segunda B.

Hal ini dilakukan karena mereka memegang teguh prinsip mengutamakan jebolan akademi.

Baca Juga:

Konsistensi Bilbao terlihat bila mencermati rekam jejak belanja mereka selama lima musim terakhir. Rata-rata Los Leones cuma menghabiskan 6,88 juta euro (sekitar 99 miliar rupiah) per musim untuk merekrut pemain anyar dari klub lain.

Angka tersebut jelas berada jauh di bawah rataan belanja pemain Madrid (95 juta), Barcelona (82), Atletico (76), Valencia (55), dan Sevilla (27). Akan tetapi, prinsip Bilbao tetap saja membuahkan prestasi yang membanggakan.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.684


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X