Luis Suarez, Si No 9 yang Sempurna

By Minggu, 7 Februari 2016 | 10:16 WIB
Luis Suarez, usai mencetak gol keenam untuk Barcelona saat melawan Valencia di babak semifinal Copa del Rey di Stadion Nou Camp, Barcelona, 3 Februari 2016.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Luis Suarez, usai mencetak gol keenam untuk Barcelona saat melawan Valencia di babak semifinal Copa del Rey di Stadion Nou Camp, Barcelona, 3 Februari 2016.

Dalam sejarah yang panjang, FC Barcelona dikenal sebagai tim yang memiliki deretan penggedor kelas wahid.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Sejak era 1980-an saja, daftarnya bisa dimulai dari Julio Salinas, Hristo Stoichkov, Romario, Ronaldo, Patrick Kluivert, Samuel Eto’o, David Villa, Alexis Sanchez, hingga Luis Suarez.

Lewat gaya merumput yang berbeda, para pemain tersebut membuktikan ketajaman berkat torehan gol-gol mereka.

Jika tanpa menyertakan Lionel Messi, yang notabene mampu mencetak gol terbanyak meski bukan berstatus el nueve alias penyerang bernomor 9, individu tersukses ialah Eto’o.

Bomber asal Kamerun itu dianggap terbaik karena mampu mengoleksi 129 gol dari total 202 penampilan.

Jumlah itu unggul dari rekor Kluivert yang mengumpulkan 122 gol dari 257 partai, maupun Stoichkov yang mengemas 114 gol dari 188 aksi bersama Barcelona.

Namun, apabila parameternya ialah rasio gol per partai, posisi Eto’o akan melorot ke posisi ketiga.

Dari aspek itu, Ronaldo jelas menjadi yang terbaik lantaran rasio fantastis mencapai 0,95 gol per partai, berkat 47 gol yang dicetaknya cuma dalam rentang 49 laga saja.

Lantas, siapa yang menyodok di posisi kedua? Suarez!


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.652


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.