Hernan Crespo Kembali ke Parma

By Beri Bagja - Kamis, 22 Juni 2017 | 09:35 WIB
Hernan Crespo saat melakoni jumpa pers sebagai pelatih tim junior Parma di Collecchio, 16 Juli 2014.
MARCO LUZZANI/GETTY IMAGES
Hernan Crespo saat melakoni jumpa pers sebagai pelatih tim junior Parma di Collecchio, 16 Juli 2014.

Parma Calcio 1913 melakukan revolusi besar setelah dipastikan promosi ke Serie B atau kompetisi lapis kedua di Liga Italia untuk musim 2017-2018. I Gialloblu (Kuning-Biru) memanggil kembali legenda mereka, Hernan Crespo (41).

Secara bertahap, Parma berupaya mengembalikan nama besar mereka di kancah Liga Italia. I Gialloblu sempat masuk jajaran elite di kompetisi Negeri Piza pada era 1990-an dan awal 2000-an.

Setelah divonis pailit pada 2015, mereka terjerumus ke Serie D atau kompetisi level empat.

Untung bagi Parma, mereka bangkit dengan mencapai promosi back-to-back alias naik kelas secara beruntun dari Serie D ke Lega Pro (Divisi III), dan Lega Pro ke Serie B hanya dalam waktu dua tahun.

Kini, bentuk revolusi Parma menyentuh sektor kepemilikan klub. Gialloblu resmi menjual 60 persen atau mayoritas saham mereka kepada Desport Group, sebuah konsorsium yang dikepalai juragan asal China, Jiang Lizhang.

Desport mengakuisisi 60 persen saham. Sebanyak 30 persen lain masih dimiliki rombongan pengusaha lokal yang mengambil alih klub setelah bangkrut dua tahun lalu dan sisa 10 persen dipunyai suporter.

Proses akuisisi ini efektif per pekan pertama Juli 2017.

Langkah penting Lizhan dkk ialah mengangkat Hernan Crespo sebagai satu dari dua wakil presiden yang nantinya ikut serta dalam penentuan kebijakan klub.

Kehadiran Crespo sebagai maskot klub diharapkan menyuntikkan energi kebangkitan guna membawa Gialloblu merampungkan misi agar segera menembus Serie A kembali.

"Saya pikir pekerjaan saya sebagai wakil presiden berakhir. Sungguh adil memberikan ruang untuk hadirnya orang-orang dengan energi dan skill yang baru," ucap Marco Ferrari, Wakil Presiden Parma yang kini bersiap meletakkan jabatan.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Football Italia, Sky Italia, Parma Today


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.