Serie A Kembali Diwakili 4 Tim di Liga Champions

By Beri Bagja - Jumat, 24 Maret 2017 | 07:40 WIB
Para pemain Inter Milan mengangkat trofi juara Liga Champions setelah menekuk Bayern Muenchen pada final di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 22 Mei 2010. Sejauh ini, Inter menjadi wakil terakhir Serie A yang menjuarai Liga Champions.
CHRISTOPHE SIMON / AFP
Para pemain Inter Milan mengangkat trofi juara Liga Champions setelah menekuk Bayern Muenchen pada final di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 22 Mei 2010. Sejauh ini, Inter menjadi wakil terakhir Serie A yang menjuarai Liga Champions.

Kabar bagus menghampiri para kontestan Serie A. Mulai musim 2018-2019, kompetisi terelite di Italia itu akan kembali diwakili oleh empat tim di Liga Champions.

Keputusan itu sesuai dengan konfirmasi UEFA melalui situs resminya pada Rabu (22/3/2017).

Klub yang finis di posisi empat teratas pada klasemen akhir Serie A mulai musim 2017-2018 bakal langsung lolos ke fase grup Liga Champions.

Sejak 2012, Italia hanya mengirim tiga wakil di pentas antarklub terakbar Eropa. Itu pun hanya dua klub yang lolos langsung ke fase grup, sedangkan satu tim lain harus melalui tahap play-off terlebih dulu.


Presiden UEFA, Aleksander Ceferin (kanan), berjabat tangan dengan Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio, dalam pertemuan di Roma, Italia, 23 Februari 2017.(MARCO ROSI/GETTY IMAGES)

Kondisi itu terjadi karena peringkat Italia di tabel koefisien negara-negara Eropa turun dari peringkat tiga ke posisi empat pada akhir musim 2010-2011.

Akibatnya, jatah empat peserta dari Serie A dikurangi menjadi tiga klub. Situasi ini akan berlangsung hingga musim depan. UEFA baru memberlakukan perubahan dalam sistem penjatahan untuk setiap asosiasi per 2018. 

Hal itu karena Italia menduduki peringkat empat besar di daftar koefisien teranyar asosiasi Eropa setelah Spanyol, Jerman, dan Inggris. Mereka sama-sama mendapatkan empat tiket otomatis ke fase grup tanpa melalui babak play-off.

Baca Juga:

"Spanyol, Jerman, Inggris, dan Italia terkonfirmasi sebagai empat asosiasi terbaik, terlepas dari apa pun hasil yang terjadi di perempat final musim ini. Koefisien didasarkan pada peringkat negara-negara dari musim 2012-2013 sampai 2016-2017," tulis pernyataan di situs UEFA.


Editor : Beri Bagja
Sumber : UEFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X