Gaya Permainan Ibrahimovic Dipengaruhi oleh Video Van Basten

By Nugyasa Laksamana - Jumat, 11 November 2016 | 07:42 WIB
Zlatan Ibrahimovic saat masih membela Juventus dalam laga Serie A kontra AS Roma, di Stadion Olimpico, 5 Maret 2005.
PATRICK HERTZOG/AFP
Zlatan Ibrahimovic saat masih membela Juventus dalam laga Serie A kontra AS Roma, di Stadion Olimpico, 5 Maret 2005.

Pelatih kawakan Italia, Fabio Capello, mengaku pernah menggunakan tayangan video permainan legenda Belanda, Marco van Basten, untuk mengubah permainan Zlatan Ibrahimovic.

Kala ditunjuk menjadi pelatih Juventus pada Mei 2004, Capello meminta manajemen klub untuk merekrut Ibrahimovic dari Ajax Amsterdam.

Maklum, Capello sudah menjadi pengagum Ibrahimovic saat masih menangani AS Roma.

Pelatih 70 tahun itu menyukai Ibrahimovic karena punya fisik yang kuat serta ditunjang dengan kualitas teknik mumpuni.

Keinginan Capello akhirnya dikabulkan. Menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2004, Juventus mengakuisisi Ibrahimovic dengan banderol 16 juta euro (sekitar Rp 235 miliar).

Capello pun menceritakan pengalamannya saat melatih Ibrahimovic, hingga mengubah sang pemain menjadi salah satu penyerang andal kelas dunia.

"Setelah satu bulan di Juventus, saya melihat Ibrahimovic tidak terlalu bagus dalam menendang bola dan berduel udara. Namun, dia selalu meningkatkan diri dengan menambah sesi latihan," ujar Capello kepada Mediaset Premium, Kamis (10/11/2016).

"Sebenarnya Ibrahimovic bukan tipe pencetak gol. Dia lebih suka menciptakan assist. Kemudian, saya menyarankan dia untuk tampil lebih ganas di depan gawang, hingga seolah menjadi seorang pembunuh bayaran yang nyata, tutur Capello.

Selain mengasah kemampuan Ibrahimovic melalui sesi latihan, Capello mengaku juga sempat menunjukkan tayangan video permainan striker legendaris Belanda, Van Basten.

Capello berharap Van Basten bisa menjadi sosok inspirasi bagi Ibrahimovic dalam mengembangkan perannya sebagai juru gedor.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Mediaset Premium


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.