Montella Bukan Lagi Pesawat Kecil, tetapi Jet

By Sabtu, 22 Oktober 2016 | 20:23 WIB
Reaksi pelatih AC Milan, Vincenzo Montella, dalam duel Serie A lawan Sassuolo di San Siro, 2 Oktober 2016.
MARCO BERTORELLO/AFP
Reaksi pelatih AC Milan, Vincenzo Montella, dalam duel Serie A lawan Sassuolo di San Siro, 2 Oktober 2016.

Pelatih Milan, Vincenzo Montella, punya julukan L'aeroplanino (pesawat kecil). Ia kini bukan sekadar pesawat biasa, tetapi jet yang melesat lebih cepat.

Penulis: Sem Bagaskara

Milan asuhan Montella meraup 16 poin dalam delapan laga (2 poin per gim). Torehan tim racikan Montella mirip-mirip dengan skuat Milan peraih scudetto pada 1995-1996 (2,12 poin per gim), 1998-1999 (1,75), 2003-2004 (2,5), dan 2010-2011 (2,12).

Hasil apik di lapangan merupakan buah dari sejumlah inovasi yang diterapkan Montella. Ia pernah menyuruh Giacomo Bonaventura cs bermain rugbi.

Tujuannya bukan teknis, tetapi lebih kepada psikologis. Ia ingin melihat pemainnya bercanda dan tersenyum, sesuatu yang jarang dilakukan personel Milan dalam beberapa tahun belakangan.

Terobosan selanjutnya adalah penerapan diet ketat plus larangan pemain menggunakan telepon seluler di ruang ganti. Apa yang dilakukan Montella sekilas begitu mirip dengan metode Pep Guardiola.

Baca Juga:

Bukan rahasia lagi jika Montella menganut falsafah serupa dengan Pep, baik soal detail di luar maupun dalam lapangan.

Ketika tidak memegang bola, personel Milan racikan Montella justru melangkah maju alih-alih menjaga kedalaman di belakang.

Taktik tersebut jelas terlihat kala Milan menekuk Chievo Verona dengan skor 3-1 pada pekan kedelapan Serie A 2016-2017.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.