Minggir, Maradona! Napoli 2015-16 Lebih Oke

By Dwi Widijatmiko - Kamis, 22 Oktober 2015 | 19:47 WIB
Lorenzo Insigne, membanggakan Napoli.
Maurizio Lagana
Lorenzo Insigne, membanggakan Napoli.

bunga. Setelah startnya sempat tersendat, I Partenopei kini menjadi tim paling on-fire di Serie A 2015/16. Gli Azzurri menang empat kali dalam lima partai terakhir liga.

Napoli masih berada di posisi keempat klasemen dan Serie A juga baru berjalan sekitar seperlima kompetisi.Tapi, Napoletano sudah bermimpi indah bakal menyaksikan tim kesayangannya menjadi juara.

Mengapa tidak? Empat kemenangan terbaru yang didapatkan di liga adalah dari empat tim kuat dalam hal tradisi sekaligus rival langsung dalam perebutan scudetto musim ini. Dari Lazio, Juventus, Milan, sampai Fiorentina.

Impian menyaksikan tim 2015-16 mengulangi prestasi kelas 1986/87 dan 1989/90 sudah mulai menggelora. Napoletano mungkin sangat menginginkan Marek Hamsik dkk. menjadi juara karena mereka akan lebih membanggakan dari dua tim kampiun sebelumnya.

Napoli 1986-87 dan 1989-90 dikenang karena punya Diego Maradona, sosok dewa sepak bola yang sampai sekarang masih menjadi ikon klub dari Italia Selatan itu.

Napoli 1986-87 dan 1989-90 juga memenangi kompetisi dengan menaklukkan rival-rival hebat nan legendaris macam Milan dengan Dream Team-nya, Inter dengan trio Jermannya, dan Roma dengan duet Bruno Conti dan Giuseppe Giannini.

Akan tetapi, Napoli1986-87 dan 1989-90 minim unsur Neapolitan. Bintang-bintang lokal Partenopei ketika itu, macam Salvatore Bagni, Andrea Carnevale, Fernando De Napoli, Bruno Giordano, Massimo Crippa, dan Giancarlo Corradini, bukan orang Napoli asli.

Pelatih juga bukan Neapolitan. Ottavio Bianchi (1986-87) kelahiran Brescia, Alberto Bigon (1989-90) asli Padua. Keduanya orang Italia Utara.

Paling hanya ada Ciro Ferrara. Tapi, dia seorang bek. Seperti biasa, kontribusi pemain belakang kerap mudah dilupakan.

Inilah alasan mengapa Napoli 2015-16 punya potensi untuk lebih membanggakan publik San Paolo. Elemen Neapolitan mereka lebih kental.


Editor : Dwi Widijatmiko
Sumber : Calciomercato


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X