TOPIK TERPOPULER
Ekspresi kiper Burnley, Paul Robinson, dalam pertandingan Liga Inggris 2016-2017 menghadapi Stoke City di Stadion Bet365, Stoke-on-Trent, Inggris, pada 3 Desember 2016.
ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES
Ekspresi kiper Burnley, Paul Robinson, dalam pertandingan Liga Inggris 2016-2017 menghadapi Stoke City di Stadion Bet365, Stoke-on-Trent, Inggris, pada 3 Desember 2016.

Kiper Pemilik Assist Terbanyak Premier League Memutuskan Pensiun

BURNLEY, JUARA.net - Mantan kiper utama tim nasional Inggris yang kini membela Burnley, Paul Robinson, akhirnya memilih untuk pensiun. Keputusan itu diambil kiper berusia 37 tahun tersebut akibat cedera yang ia alami tak kunjung sembuh.

"Sangat disayangkan, cedera pada punggung saya kembali kambuh menjelang akhir musim lalu dan telah menghalangi persiapan saya untuk memulai musim baru. Setelah mempertimbangkan segalanya, saya memutuskan untuk pensiun," kata Robinson di situs resmi Burnley.

Di sepanjang kariernya, Paul Robinson memiliki masa-masa indah di Premier League. Terutama bersama klub profesional pertamanya, Leeds United.

Setelah memiliki debut mengesankan pada musim 1998-1999 karena membawa Leeds menahan imbang Chelsea dengan skor 0-0, ia berhasil menyingkirkan kiper utama, Nigel Martyn, dan menjadi bagian dari keberhasilan The Whites menjadi semifinalis Liga Champions 2000-2001.

Robinson juga sempat menjadi pilihan utama di tim nasional Inggris pada periode 2003 hingga 2007 dengan total 41 penampilan. Selain itu, ia adalah pemilik rekor sebagai kiper yang pernah mencetak lima assist atau terbanyak di Premier League.

Meski demikian, Robinson tidak memiliki banyak gelar yang menghiasi perjalanan panjang kariernya bersama Leeds, Tottenham, dan Blackburn Rovers, dan Burnley. Ia hanya pernah mengantarkan Spurs menjadi juara Piala Liga Inggris pada 2007-2008.

"Saya sangat beruntung bisa memainkan begitu banyak pertandingan yang sangat saya sukai ini selama bertahun-tahun. Kini, saya ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan mencari pilihan profesi baru yang tersedia bagi saya," ucap Robinson.

"Saya sangat beruntung bisa bermain bersama empat klub sepak bola yang sangat spesial dan juga bagi negara saya," tuturnya.

Bersama Burnley, Robinson sempat kembali mendapat kesempatan bermain di Premier League pada usia 37 tahun sebanyak tiga kali menghadapi Manchester City, Stoke City, dan Swansea City.

  • Penulis : Verdi Hendrawan
  • Editor : Aloysius Gonsaga
  • Sumber: Burnleyfootballclub.com
TOPIK :

Komentar