TOPIK TERPOPULER
Ekspresi Diego Costa dalam laga Premier League antara Manchester United kontra Chelsea di stadion Old Trafford, 16 April 2017.
SHAUN BOTTERILL/GETTY IMAGES
Ekspresi Diego Costa dalam laga Premier League antara Manchester United kontra Chelsea di stadion Old Trafford, 16 April 2017.

Chelsea Kehabisan Kuota Kalah

JUARA.net - Chelsea gagal merespons kemenangan 4-0 Tottenham atas Bournemouth, Sabtu (15/4) di White Hart Lane. Sehari kemudian di Old Trafford, The Blues tumbang 0-2 dari Manchester United.

Penulis: Dwi Widjatmiko

Keunggulan Chelsea di puncak klasemen atas Spurs di posisi kedua pun terpangkas menjadi hanya empat poin.

Persaingan menuju gelar juara semakin berat dan Chelsea sudah kehabisan kuota untuk kalah, setidaknya kalau tim asuhan Antonio Conte masih berharap bisa menjadi kampiun sebelum pekan terakhir.

Kemunduran saat melawan United adalah kekalahan kelima Si Biru musim ini. Jumlah itu sudah terlalu banyak untuk sebuah tim Chelsea yang menjadi juara di era Roman Abramovich.

Chelsea 2005/06 juga kalah lima kali, tapi dua kekalahan terakhir hanya terjadi saat The Blues sudah memastikan diri menjadi juara. Chelsea 2004/05 hanya kalah sekali, sedangkan tim 2014/15 cuma tiga kali kalah.

Chelsea 2009/10 menderita enam kekalahan. Imbasnya, tim yang ketika itu dilatih Carlo Ancelotti harus berjuang memastikan diri meraih gelar juara sampai pekan penghabisan.

Itulah prospek yang bisa dihadapi Chelsea musim ini andaikata mereka sampai mengalami kekalahan lagi. Eden Hazard dkk. harus bersiap-siap bertarung sampai pekan terakhir.

Soalnya, Tottenham sedang panas, lebih panas daripada Chelsea. Sejak Februari, Spurs meraup 24 poin dari kemungkinan maksimal 27 dalam sembilan pertandingan. Pada periode dan jumlah laga yang sama, Chelsea hanya meraih 19 poin.

Dengan performa seperti itu, satu kekalahan lagi bisa membuat Chelsea hanya unggul satu poin atas Spurs dan kondisi itu bisa membawa persaingan sampai pekan pamungkas.

Jadwal Sisa

Enteng Chelsea memang masih bisa optimistis bahwa jadwal sisa mereka lebih ringan. Mereka tidak lagi bertemu tim enam besar, sementara Spurs masih kebagian Arsenal dan Man. United.

Conte tetap dapat merasa yakin bahwa Tottenham yang akan selip, bahwa Chelsea besutannya bakal memastikan diri menjadi juara sebelum liga berakhir.

Tapi awas, dua partai melawan Arsenal dan United digelar Tottenham di White Hart Lane. Spurs sedang mencatat 12 kemenangan beruntun dalam partai liga di kandangnya itu.

Jadi, lebih baik Chelsea fokus pada diri sendiri dan mematri hal ini dalam pikiran mereka: kekalahan dari United adalah yang terakhir yang boleh mereka alami musim ini.

Jarak empat poin harus dijaga. Gawat kalau sampai menipis menjadi satu poin.

Dalam kondisi seperti itu, tim yang mengejar bakal unggul dalam hal mental. Apalagi jika tim yang mengejar itu menjadi begitu dekat walaupun pada beberapa titik kompetisi ini sempat tertinggal sampai 10 poin.

“Sejak sekarang sampai akhir, kami harus memiliki antusiasme, motivasi yang besar untuk mencoba mencapai target. Tottenham dalam performa bagus dan bermain dengan antusiasme. Kami harus menemukan hal yang sama,” kata Conte kepada Metro.


  • Penulis : Tabloid Bola
  • Editor : Firzie A. Idris
  • Sumber: Tabloid BOLA No.2.760
TOPIK :

Komentar