TOPIK TERPOPULER
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendampingi anak-anak asuhnya dalam laga Premier League kontra Middlesbrough di Stadion Riverside, Middlesbrough, Inggris, pada 19 Maret 2017.
MATTHEW LEWIS/GETTY IMAGES
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendampingi anak-anak asuhnya dalam laga Premier League kontra Middlesbrough di Stadion Riverside, Middlesbrough, Inggris, pada 19 Maret 2017.

Formasi Baru Jose Mourinho untuk Melindungi Satu Pemain

MANCHESTER, JUARA.net - Manajer Manchester United, Jose Mourinho (54), membeberkan alasan menggunakan formasi 3-4-2-1 dalam laga Premier League kontra Middlesbrough di Stadion Riverside, Minggu (19/3/2017).

Duel tersebut dimenangi Manchester United dengan skor 3-1 berkat gol dari Marouane Fellaini (menit ke-30), Jesse Lingard (62'), dan Antonio Valencia (90+3'), sedangkan gol Middlesbrough datang dari lesakan Rudy Gestede (77').

Dari 48 partai memimpin Man United, Jose Mourinho hanya empat kali memakai formasi tiga bek, yaitu 3-5-2 (2 kali), 3-4-3 (1), dan 3-4-2-1 (1).

Rupanya, pelatih berjulukan The Special One ini ingin menjaga para pemainnya tetap fit, terutama Antonio Valencia.

Apalagi, mereka baru saja menghadapi FC Rostov dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford, Kamis (16/3/2017).

"Beberapa pemain yang melawan Rostov mengalami kelelahan," kata Mourinho dalam situs resmi klub.

"Contohnya, saya memainkan Valencia di posisi yang lebih ke depan untuk melindungi dia. (Phil) Jones dan (Chris) Smalling juga kelelahan, jadi saya membawa bek ekstra untuk memberikan mereka sedikit rasa nyaman," ucap Mourinho.

Mourinho memang dapat membaca pemainnya dengan sangat baik. Meskipun sudah dimajukan menjadi pemain sayap kanan, keletihan Valencia yang biasanya menempati sektor bek kanan terlihat jelas dari statistik melawan Middlesbrough.

Jika dibandingkan saat menjamu Rostov, performa Valencia ketika duel vs Middlesbrough mengalami penurunan signifikan dalam hal operan sukses (86 persen berbanding 63 persen), umpan lambung (10 kali berbanding 2), dan melewati lawan (7:3).

Di sisi lain, Mourinho juga menenangkan Jones dan Smalling dengan menempatkan tiga bek di bangku cadangan, yakni Marcos Rojo, Matteo Darmian, dan Luke Shaw.

Hanya nama terakhir yang tidak dimainkan sang pelatih pada 45 menit kedua.

Mourinho pun puas karena timnya mampu berkolaborasi dengan baik meskipun tanpa diperkuat sejumlah bintang seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Wayne Rooney, dan Ander Herrera.

"Tim tetap tampil solid dan sangat berbahaya, terutama pada babak pertama sebelum terciptanya gol," ujar Mourinho.

Baca Juga: Bikin 23 Penyelamatan, Kiper 37 Tahun Jadi Buah Bibir di Liga Inggris

"Kami mempunyai tiga peluang emas sebelum mencetak gol dan saya pikir kami menghadirkan banyak masalah untuk lawan," tutur Mourinho.

Tiga poin dari markas Middlesbrough membuat Man United untuk pertama kalinya kembali masuk ke peringkat lima besar sejak 184 hari lalu (16 September 2016).

  • Penulis : Septian Tambunan
  • Editor : Beri Bagja
  • Sumber: manutd.com, opta joe, transfermarkt
TOPIK :

Komentar


Selengkapnya