TOPIK TERPOPULER
Legenda Manchester United, Denis Irwin (kiri) dan David May, berpose setelah konferensi pers di Senayan Golf Driving Range, Jakarta, pada Minggu (19/3/17).
THERESIA SIMANJUNTAK/JUARA.net
Legenda Manchester United, Denis Irwin (kiri) dan David May, berpose setelah konferensi pers di Senayan Golf Driving Range, Jakarta, pada Minggu (19/3/17).

Legenda Man United Suka dengan Formasi Tiga Bek Ala Mourinho

JAKARTA, JUARA.net - Legenda Manchester United, David May dan Denis Irwin, mengaku senang dengan formasi tiga bek yang belakangan diterapkan Manajer Jose Mourinho.

Setelah lebih dari setengah musim menggunakan pola empat bek, Mourinho belakangan meninggalkan taktik tersebut demi menerapkan formasi tiga bek.

Strategi tersebut sudah dipakai sejak laga imbang 1-1 melawan FC Rostov pada leg I 16 Besar Liga Europa (9/3/17).

Termasuk partai tersebut, taktik tiga bek sudah digunakan dalam empat pertandingan terkini United di seluruh kompetisi. Hasilnya, Iblis Merah menang dua kali, seri sekali, dan kalah satu kali.

Salah satu kemenangan itu terjadi di penampilan terbaru United, yaitu kontra Middlesbrough (19/3/17) di Premier League dengan skor 3-1.

Sementara itu, satu-satunya kekalahan dengan formasi tiga bek terjadi tatkala takluk 0-1 atas Chelsea di Piala FA (13/3/17).

Kendati kalah, penampilan United pada gim tersebut justru menuai pujian lantaran mereka hanya kebobolan satu gol melawan peringkat teratas klasemen EPL saat ini yang menurunkan starting XI terbaik mereka.

Selain itu, United harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-35 menyusul kartu merah yang diterima gelandang Ander Herrera.

JUARA secara langsung menanyakan kepada May dan Irwin mengenai performa United dengan pola tiga bek dalam konferensi pers #ILOVEUNITED di Senayan Golf Driving, Jakarta, pada Minggu (19/3/17).

"Saya sendiri cukup menyukai formasi tiga bek, seperti ada dimensi baru dari permainan United. Bisa kita lihat pada laga melawan Chelsea setelah Herrera dikartumerah. United dapat mengatasi kurangnya jumlah pemain," kata May.

Sementara itu, menurut Irwin, pola tiga bek adalah cara Mourinho mengatasi stok pemain yang berkurang karena banyaknya masalah suspensi dan cedera.

"Strategi tiga bek dipakai karena banyaknya pemain yang tidak tersedia. Padahal, United perlu pakai pendekatan berbeda di tiap gim. Dengan taktik tiga bek, United memiliki variasi. Dalam satu partai, dapat memakai taktik empat bek, lalu di gim lain dengan empat bek," ujar Irwin.

TOPIK :

Komentar


Selengkapnya