Man United Geser Real Madrid sebagai Klub Terkaya Dunia

By Nugyasa Laksamana - Kamis, 19 Januari 2017 | 09:39 WIB
Penyerang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Liverpool FC dalam laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, 15 Januari 2017.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Penyerang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Liverpool FC dalam laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, 15 Januari 2017.

Manchester United menggantikan posisi Real Madrid sebagai klub sepak bola terkaya di dunia menurut daftar Football Money League 2017 yang dirilis Deloitte.

Berdasarkan laporan perusahaan akuntan terkemuka asal Inggris itu, Manchester United meraup pendapatan hingga 689 juta euro (Rp 9,7 triliun) pada sepanjang musim 2015-2016.

Faktor paling menentukan adalah keikutsertaan Manchester United pada Liga Champions 2015-2016, meskipun ketika itu tim besutan Louis van Gaal tersingkir di fase grup.

Terdapat tiga indikator pendapatan yang menjadi penilaian Deloitte, yakni dari pertandingan, hak siar, dan iklan.

Deloitte menyebutkan bahwa angka yang diraih Setan Merah pada 2015-2016 merupakan pendapatan terbesar yang pernah dicapai oleh sebuah klub sepak bola.

Bagi Manchester United sendiri, berada di urutan pertama dalam daftar Deloitte Football Money League adalah yang kali pertama sejak musim 2003-2004.


"Kemampuan Manchester United dalam mengamankan kemitraan komersial telah menjadi faktor penting yang memungkinkan mereka mendapatkan kembali posisi teratas," kata Dan Jones selaku pengamat bisnis olahraga dari Deloitte

Sementara itu, Real Madrid yang menduduki posisi teratas dalam 11 musim terakhir, tahun ini melorot ke posisi ketiga dengan jumlah keuntungan 620,1 juta euro (Rp 8,813 miliar).

Lantas, siapakah klub yang berada di urutan kedua? Dia adalah FC Barcelona, rival abadi Real Madrid di La Liga.

El Barca mempertahankan posisinya sebagai runner-up berkat nilai keuntungan yang sedikit di atas Real Madrid, yakni 620,2 juta euro atau sekitar Rp 8,814 miliar.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Deloitte


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.