Lima Hukuman Jose Mourinho

By Ferril Dennys Sitorus - Jumat, 28 Oktober 2016 | 07:24 WIB
Manajer Man. United, Jose Mourinho, saat memimpin timnya melawan Northampton Town pada babak III Piala Liga Inggris di Stadion Sixfields (21/9/2016).
SHAUN BOTTERILL/GETTY IMAGES
Manajer Man. United, Jose Mourinho, saat memimpin timnya melawan Northampton Town pada babak III Piala Liga Inggris di Stadion Sixfields (21/9/2016).

Manajer  Manchester United, Jose Mourinho, pada Kamis (27/10/2016), telah didakwa oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

Dakwaan yang dilayangkan FA kepada Mourinho terkait pernyataan manajer asal Portugal tersebut yang meremehkan kepemimpinan wasit Anthony Taylor jelang pertandingan Premier League melawan Liverpool di Anfield, Senin (17/102016).

Ini bukan kali pertama bagi Mourinho terancam mendapatkan hukuman. Pernyataan pedas yang dilontarkan Mourinho saat membesut sejumlah tim besar seperti Inter Milan, Real Madrid, Porto, dan Chelsea acap kali memaksanya menjalani berbagai hukuman baik larangan mendampingi tim atau denda.

Berikut sejumlah catatan hukuman Mourinho akibat "menyerang" wasit dalam kariernya:

23 Februari 2005: Saat membesut Chelsea, Mourinho mengklaim bahwa dia melihat pelatih Barcelona, Frank Rijkaard, Anders Frisk, saat jeda dalam pertandingan pertama 16 besar Liga Champions di Camp Nour. Dia kemudian didenda 8.900 poundsterling dan larangan mendampingi timnya selama 2 pertandingan.

20 Februari 2010: Mourinho membuat gerakan tangan seperti diborgol untuk mengkritik ofisial pertandingan saat Inter Milan bermain imbang 0-0 dengan Sampdoria. Dalam pertandingan tersebut, Walter Samuel dan Irvan Cordoba dikartumerah. Mourinho kemudian diskorsing 3 laga dan didenda sebesar 40.000 euro.

27 April 2011: Mourinho pernah mengecam UEFA dan Barcelona saat dia membesut Real Madrid. Saat itu, dia menyatakan bahwa tim "tidak memiliki peluang" kala melawan Barcelona. Pernyataan tersebut disampaikan Mourinho seusai Madrid kalah 0-2 dari Barcelona pada pertandingan pertama semifinal Liga Champions. Gara-gara pernyataan tersebut, Mourinho dihukum 5 laga oleh UEFA.

27 Agustus 2011: Masih membesut Madrid, Mourinho pernah mencolok mata asisten pelatih Barcelona, Tito Vilanova. Mourinho tampak tak bisa mengendalikan emosinya saat Madrid kalah 2-3 daro Batcelona pada pertandingan kedua Piala Super Spanyol. Tindakan tak terpuji harus dibayar Mourinho. Dia harus dihukum 2 laga meskipun hukuman tersebut dicabut. 

19 Oktober 2013: Saat Chelsea menang 4-1 atas Cardiff City, Mourinho diusir wasit Anthony Taylor. Mourinho kemudian didenda 8.000 poundsterling.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : ESPN


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.