Profesor Matematika ini Jelaskan Rahasia Sukses Leicester

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 26 Februari 2016 | 09:23 WIB
Kiper Manchester City, Joe Hart, menepis tendangan pemain Leicester City, Danny Drinkwater, dalam pertandingan Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, 6 Februari 2016.
OLI SCARFF/AFP
Kiper Manchester City, Joe Hart, menepis tendangan pemain Leicester City, Danny Drinkwater, dalam pertandingan Premier League di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, 6 Februari 2016.

Keberhasilan Leicester City memuncaki klasemen Premier League bukan hanya mengundang decak kagum, tetapi juga rasa penasaran. David Sumpter, seorang profesor matematika terapan, mengemukakan teori tentang kiprah impresif mereka. 

Sumpter, profesor matematika terapan dan peneliti perilaku (collective behaviour) dari Universitas Uppsala, Swedia, mengatakan, salah satu alasan Leicester City tampil baik musim ini adalah kecepatan serangan mereka.

Seperti dilansir situs Sky Sports, Sumpter mengatakan, rata-rata setiap operan Jamie Vardy dkk membawa bola sembilan meter lebih dekat ke gawang lawan. Jarak ini lebih jauh dua meter dari tim Premier League lain.

Jarak ini diperoleh lewat kurang lebih tiga operan.

Bandingkan dengan Arsenal, misalnya. Jarak operan Arsenal nyaris setengah dari jarak operan Leicester City. Padahal, untuk mencapai jarak operan 4,5 meter, The Gunners membutuhkan operan lebih banyak, yaitu enam operan.

Sumpter juga menganalisis kans terbaik yang dimiliki oleh Leicester City, dan tim-tim Premier League lain.


Striker Leicester City, Jamie Vardy, usai mencetak gol ke gawang Man. United di Stadion King Power pada 28 November 2015. (OLI SCARFF/AFP)

Sumpter meneliti area yang biasanya menjadi titik para pemain melepas tembakan mengarah ke gawang.

Hasil penelitian Sumpter menunjukkan, mayoritas peluang terbaik Leicester diperoleh dari operan panjang. Tak jarang, operan-operan tersebut berawal dari area mereka sendiri.

Tidak ada tim Premier lain yang melepaskan tembakan dari area yang sama, dengan jumlah sebanyak Leicester.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Sky Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X