Jadi Ikon Asia, Bambang Pamungkas 'Setara' Nakata dan Kagawa

By Segaf Abdullah - Kamis, 6 Juli 2017 | 04:44 WIB
Perayaan gol Bambang Pamungkas saat Indonesia mengalahkan Thailand pada partai fase grup Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 7 Desember 2010.
BAY ISMOYO/AFP
Perayaan gol Bambang Pamungkas saat Indonesia mengalahkan Thailand pada partai fase grup Piala AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 7 Desember 2010.

Striker Persija Jakarta, Bambang Pamungkas (37), resmi dinobatkan sebagai salah satu ikon sepak bola Asia versi AFC. Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Asia tersebut menahbiskan nama-nama beken dunia asal Benua Kuning semisal Hidetoshi Nakata dan Shinji Kagawa.

Barometer utama AFC memilih Bepe, sapaan Bambang Pamungkas, yakni pencapaian individu sang pemain bersama timnas Indonesia dan beberapa klub yang dibela, khususnya Persija Jakarta.

Tercatat, Bepe masih menjadi penampil terbanyak buat timnas Indonesia dengan 86 caps. Pensiun pada April 2013, jebolan Diklat Salatiga itu pun tetap menjadi yang tersubur di skuat Merah Putih dengan 38 gol.

Hanya, dari segi prestasi, pencapaian Bepe selama 14 tahun bersama timnas tidak bagus-bagus amat. Eks pemain Selangor FA itu 'hanya' membawa Indonesia menjuarai Piala Kemerdekaan pada edisi 2000 dan 2008.

Baca Juga:

Di sisi klub, lebih dari 18 tahun Bambang berkostum Persija. Sejauh ini, pemain yang dikenal selektif saat berbicara kepada media itu total mencetak lebih dari 150 gol!

Pesona Bepe memang tidak hanya tersalurkan di lapangan hijau. Pria kelahiran Semarang itu juga dicintai sponsor dan produk komersial yang berlomba menjadikannya sebagai brand ambassador.

Di samping itu, Bepe kini juga dikenal sebagai motivator dan chef 'nekat'.

Atas dasar itulah, tidak salah jika Bepe terpilih sebagai pembawa obor Olimpiade 2012 London bersama pengusaha dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno, politikus Wanda Hamidah, serta akitivis peduli perempuan Ika Trifisusanti.

Kelima figur tersebut dianggap telah memberikan kontribusi dan inspirasi untuk masyarakat.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : THE-AFC.COM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.