Timnas U-16 Indonesia: Hati-hati Terhadap 'Racun' Ekspektasi

By Minggu, 25 Juni 2017 | 16:31 WIB
Pelatih Indonesia U-16, Fakhri Husaini (kiri), saat memimpin latihan timnya di Lapangan Atang Sutresna, Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (21/6/2017).
FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET
Pelatih Indonesia U-16, Fakhri Husaini (kiri), saat memimpin latihan timnya di Lapangan Atang Sutresna, Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (21/6/2017).

Apresiasi dan pujian mengiringi kesuksesan tim nasional U-16 Indonesia menjuarai Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam. Prestasi ini menjadi awalan bagus menuju Piala AFF U-15 yang dijadwalkan berlangsung di Thailand pada 9-22 Juli 2017.

Penulis: Indra Citra Sena/Andrew Sihombing

Belakangan, beberapa pilar timnas U-16 seperti Brylian Negiehta, Hamsah Lestaluhu, dan Rendy Juliansyah mulai mencuri atensi melalui pemberitaan yang beredar di media cetak dan elektronik serta jejaring sosial.

Situasi ini mengundang respons dari pelatih Fakhri Husaini. Dia menilai apresiasi terhadap pencapaian anak asuhnya ibarat dua sisi mata uang yang bisa mendatangkan dampak positif sekaligus negatif secara bersamaan.

"Sempat ada wacana PSSI akan mendatangkan orang tua mereka. Tapi, saya tidak tahu kepastiannya, termasuk bila orangtua pemain yang berinisiatif datang."

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini

“Apresiasi sejalan dengan ekspektasi dan bila mereka tak mampu menyikapinya dengan benar akan menjadi racun yang merusak keutuhan tim. Saya tidak ingin salah satu atau beberapa pemain merasa jemawa karena memang belum waktunya,” kata Fakhri.

"Itu yang membuat kami harus membatasi wawancara dan ekspos yang berlebihan atas mereka. Saya harap teman-teman wartawan bisa mengerti bila kami membatasi wawancara dengan pemain," ujar legenda timnas ini.

Fakhri menekankan bahwa kesuksesan timnas U-16 di Tien Phong Plastic Cup 2017 adalah buah dari kerja sama tim, bukan individu. Terbukti susunan starter Garuda Cilik selalu berubah signifikan dalam tiga pertandingan kontra Myanmar, Vietnam, dan Taiwan.

“Timnas U-16 bisa dibagi menjadi dua tim sama kuat. Kalau dari formasi, calon lawan mungkin bisa membaca karena kami selalu bermain dengan 4-3-3. Tapi, soal siapa yang akan turun, itu yang tak bisa dibaca," kata Fakhri.

"Sejauh ini siapa yang dipasang tak masalah, tapi tetap harus ada dua atau tiga pemain yang tetap menghuni starting line-up di setiap laga,” ujarnya.

Baca Juga:


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.