TOPIK TERPOPULER
Pelatih Indonesia U-16, Fakhri Husaini dan pelatih Filipina U-16, Emelio Caligdong saat jumpa pers pra-laga kedua tim di Sleman, Sabtu (20/5/2017).
GONANG SUSATYO/JUARA.NET
Pelatih Indonesia U-16, Fakhri Husaini dan pelatih Filipina U-16, Emelio Caligdong saat jumpa pers pra-laga kedua tim di Sleman, Sabtu (20/5/2017).

Indonesia U-16 dan Filipina U-16 Merasa Beruntung Uji Coba di Sleman

SLEMAN, JUARA.net – Stadion Maguwoharjo di Sleman akan menggelar uji coba internasional Indonesia U-16 kontra tamunya, Filipina U-16. Pertandingan pemanasan ini berlangsung pada Minggu (21/5/2017).

Tak mudah menggelar uji coba internasional bagi tim nasional (timnas) U-16 kedua negara. Karena, mayoritas kedua tim diisi pemain yang masih berstatus pelajar.

Para pemain Indonesia U-16 maupun Filipina U-16 dihadapkan dengan tes maupun ujian sekolah. Sehingga, pelatih timnas U-16 Indonesia, Fachri Husaini harus berpikir keras.

Eks gelandang timnas Indonesia era 1990-an ini berhitung keras dalam menetapkan jadwal uji coba dan siapa yang akan menjadi lawan skuat Garuda Muda.

Beruntung, timnas U-15 akhirnya mendapat kesempatan uji coba internasional melawan Filipina U-16.

”Suatu kehormatan bagi kami menghadapi salah satu tim terkuat di Asia Tenggara."

Kapten Filipina U-15, Jose Miguel Basmayor

Tak hanya menghadapi Filipina U-16, Brilyan Negietha Dwiki Aldana dkk juga bertarung melawan PSS Sleman U-17 pada hari yang sama.

”Ini uji coba internasional pertama bagi timnas U-16. Harus diakui, kami tak mudah melakukan uji coba untuk mereka,” kata Fakhri.

”Salah satu kendala adalah pemain yang juga pelajar. Mereka juga dihadapkan dengan tugas belajar dan ujian,” tuturnya.

Menurut mantan pemain PKT Bontang (kini Bontang FC), uji coba ini bagian dari persiapan timnas U-16 yang akan berlaga pada Piala AFF U-16.

”Selanjutnya, tim berlaga pada kualifikasi Piala AFC U-16. Setelah lawan Filipina U-16, kami juga merancang uji coba melawan Singapura U-16 dan mengikuti turnamen di Vietnam,” ujarnya.

Timnas U-16 sesungguhnya sudah lima kali beruji coba melawan tim-tim lokal. Semua laga pemanasan itu dimenangkan skuat Garuda Muda, termasuk uji coba terakhir menghadapi timnas pelajar.

Filipina U-16 juga beruntung bisa uji coba melawan Indonesia U-16, yang mereka nilai sebagai salah satu tim terkuat di Asia Tenggara.

Pelatih Filipina U-16, Emelio Caligdong berharap timnya bisa menunjukkan permainan terbaik di pertandingan tandang ini.

”Uji coba ini juga menjadi persiapan kami sebelum ke Piala AFF U-16 dan kualifikasi Piala AFC U-16. Kami sangat antusias menghadapi uji coba ini,” ujar Emelio.

”Kami ingin memberikan yang terbaik karena tim menghadapi salah satu skuat terkuat di Asia Tenggara. Indonesia memiliki tradisi yang kuat di sepak bola,” tuturnya.

Kapten Filipina U-16, Jose Miguel Basmayor mengaku sudah tidak sabar menghadapi Indonesia U-16.

”Suatu kehormatan bagi kami menghadapi salah satu tim terkuat di Asia Tenggara. Yang jelas, kami siap menghadapi Indonesia. Kami sudah pelajari permainan Indonesia melalui rekaman,” ujar Miguel.

TOPIK :

Komentar